Perkumpulan Keluarga Pesisir Selatan Bukittinggi Dilantik di Istana Bung Hatta, Gubernur Turut Hadiri Kegiatan

Pelantikan PKSP  dihadiri Gubernur Sumbar
Pelantikan PKSP dihadiri Gubernur Sumbar (Ist)

KLIKPOSITIF - Dengan protokol kesehatan yang ketat, DPD Perkumpulan Keluarga Pesisir Selatan (PKPS) Bukittinggi dan sekitarnya periode 2020-2025, dilantik Minggu (13/9) di Istana Bung Hatta, Bukittinggi , yang langsung dihadiri oleh Gubernur Sumbar Prof. Ir. Irwan Prayitno, Psi. dan Ketua Umum DPP PKPS DR. Alirman Sori, SH.,M.Hum.

Acara pelantikan dilakukan langsung oleh Ketua DPW PKPS Sumbar Drs. H. Syafrizal Ucok, MM. Datuak Nan Batuah, yang sehari hari adalah Kepala Dinas PMD Provinsi Sumbar, yang diitandai dengan penyerahan Pataka PKPS untuk dikibarkan kepada Ketua DPD PKPS Bukittinggi dan sekitarnya Oktafianus Taufik.

baca juga: Gelar Grand Launching, Santika Hotel Bukittinggi Beberkan Berbagai Keunggulan yang Dimilikinya

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno dalam sambutannya mengatakan, PKPS dengan SDM yang hebat-hebat dan organisasi yang solid diharapkan dapat berperan banyak dalam mensukseskan pembangunan, baik di perantauan mau pun di kampung halaman Pesisir Selatan.

Kepada pengurus PKPS Kota Bukittinggi yang baru dilantik, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno meminta hendaknya bersemangat terus. Adakan kegiatan dan silaturahmi serta munculkan ide ide yang baik untuk kemajuan dan kesejahteraan anggota PKPS.

baca juga: Beritakan Nasrul Abit Keturunan Partai Komunis, Pimred Akurat.co Minta Maaf

"Pengurus PKPS Kota Bukittinggi dan sekitarnya teruslah membenahi organisasi, karena sudah sesuai dengan peraturan Kemenkum HAM. Makanya jalin silaturahmi dan tidak terpecah belah. Rangkul dunsanak dunsanak kita yang belum bergabung dengan PKPS," kata Irwan Prayitno.

Pelantikan PKPS Kota Bukittinggi dan sekitarnya makin istimewa karena dihadiri oleh Anggota DPR RI Nevi Irwan Prayitno, Walikota dan Forkopimda Kota Bukittinggi , Pengurus PKPS Padang Panjang, PKPS Pariaman dan PKPS Tanah Datar, serta tokoh masyarakat Bukittinggi dan Agam.

baca juga: Langgar Perda AKB, 53 Warga Pessel di Sanksi Karena Tidak Pakai Masker

Ketua Umum DPP PKPS DR. Alirman Sori, SH.M.Hum mengatakan, perubahan nama IKPS menjadi PKPS adalah kehendak Undang undang Ormas dan Peraturan Kemenkum HAM yang mewajibkan seluruh organisasi menggunakan kata perkumpulan. Perubahan nama ini pun sudah dikukuhkan dalam Munas PKPS bulan Desember 2019 di Hotel Balairung, Jakarta.

Menurut Alirman Sori yang juga Anggota DPD RI/MPR RI, inti dari organisasi paguyuban ini adalah kebersamaan dan silaturrahmi, yang ujungnya adalah untuk kesejahteraan masyarakat anggota PKPS. "Saya bangga sebagai Ketua Umum PKPS mendapat kabar ada upaya-upaya ekonomi seperti membentuk koperasi di PKPS Kota Bukittinggi dan sekitarnya ini. Juga sudah ada mobil ambulan," kata Alirman Sori yang memberi apresiasi terhadap lagu "Mars PKPS" yang diciptakan anggota PKPS.

baca juga: Bawaslu RI Temukan 601 Pemilih Ganda Dalam Proses DPT Pilkada di Pessel

Sementara itu, Ketua DPW PKPS Sumbar Syafrizal Ucok Datuak Nan Batuah mengatakan, secara bertahap PKPS kabupaten/kota di Sumbar akan dilantik, supaya sejalan dengan aturan undang-undang. Setelah PKPS Kota Bukittinggi dan sekitarnya, akan dilanjutkan nanti pelantikan PKPS Kota Padang Panjang dan daerah lainnya.

Harapan Syafrizal Ucok, seluruh warga asal Pesisir Selatan yang ada di perantauan maka tempat berhimpunnya adalah PKPS. Persatuan dan soliditas dapat dimanfaatkan secara maksimal untuk mendukung pembangunan, baik di tempat kita berdomisili mau pun untuk pembangunan kampung halaman Pesisir Selatan.

PKPS Kota Bukittinggi dan sekitarnya periode 2020-2025 Ketua adalah Oktafianus Taufik, Wakil Ketua Alsri Imeneldi, ST., Sekretaris Untung Putra Abadi, ST., Bendahara Efrizal Yance. Untuk Penasehat adalah H. Syarifuddin, Ipda Pol Tomi Sandra dan Buya Zulkifli. (*)

Editor: Khadijah