Automatic Sprayer Controller, Inovasi Teknologi Tepat Guna PNP untuk RSUP Dr. M. Djamil

PNP hibahkan Automatic Sprayer Controller untuk RSUP Dr. M. Djamil Padang
PNP hibahkan Automatic Sprayer Controller untuk RSUP Dr. M. Djamil Padang (Ist)

PADANG, KLIKPOSITIF - Perguruan tinggi merupakan pusat kreasi dan inovasi teknologi, baik bagi dosen, PLP serta mahasiswa Politeknik Negeri Padang ( PNP ) yang merupakan Perguruan Tinggi Vokasi.

Salah satu kreasi yang dilakukan PNP di tengah pandemi saat ini, yaitu Automatic Sprayer Controller yang dihibahkan ke RSUP Dr. M. Djamil Padang, khususnya untuk tenaga medis di inslasi paru.

baca juga: Kabupaten Solok Bakal Vaksinasi Covid-19 Massal, Menolak Akan Disanksi

"Ada empat unit Automatic Sprayer Controller yang dihibahkan PNP ke RSUP Dr. M. Djamil. Mudah-mudahan, alat ini bermanfaat untuk instalansi paru," kata Direktur PNP Surfa Yondri, Rabu (8/7/2020).

Automatic Sprayer Controller ini, lanjutnya, beberapa rangkaiannya terdiri dari Airlock Chamber yang dapat digunakan untuk memastikan udara yang ada di dalam ruang isolasi tidak keluar ke ruang bebas.

baca juga: 10 Orang Terpapar COVID-19 di Tanah Datar, Bupati Minta ASN Terapkan Prokes Saat Pelayanan

"Chamber ini berada diantara ruang isolasi dan pintu masuk ruang isolasi. Jadi dengan chamber ini maka udara di ruang bebas tetap bersih dari virus Corona ," ujarnya.

Sebelumnya, sebut Surfa Yondri, RSUP Dr. M. Djamil sudah menggunakan penyemprot disinfektan dalam mengantisipasi penularan Covid-19, namun tidak maksimal karena butiran airnya kurang halus dan kerja sistem tidak otomatis.

baca juga: Ratusan Karyawan PLN Group di Sumatera Barat Lakukan Vaksinasi Tahap I

"Jadi, kami di PNP menyempurnakannya. Kami sempurnakan dengan menambahkan sensor passive infra red (PIR). Diharapkan Automatic Sprayer Controller ini bisa membantu pihak RSUP Dr. M. Djamil dalam menanganan Covid-19," ujarnya.

Surfa Yondri menyebut, bahwa sebelumnya PNP telah mengirimkan satu bilik disinfektan ke RSUP M. Djamil untuk di tempatkan di ruangan isolasi paru M. Djamil.

baca juga: Percepat Penanganan Covid-19, Menkeu Dorong Akselerasi Penggunaan Anggaran

"Keberadaan bilik disinfektan itu akan lebih optimal digunakan oleh tenaga medis, karena tenaga medis sangat tahu kebutuhan akan bahan disfektan yang digunakan sesuai standar kesehatan," pungkasnya.

Editor: Riki