Cegah COVID-19 yang Semakin Masif, Polda Sumbar Gelar Operasi Yustisi

Mapolda Sumbar
Mapolda Sumbar (Humas Polda Sumbar)

PADANG KLIKPOSITIF -- Menindaklanjuti instruksi Presiden Republik Indonesia, dalam rangka peningkatan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan serta Perda Pemerintah Provinsi Sumbar terkait Adaptasi Kebiasaan Baru dalam pencegahan dan pengendalian COVID-19, mulai hari ini, Polda Sumatera Barat dan jajaran akan menggelar Operasi Yustisi.

Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Pol Satake Bayu mengatakan, Operasi Yustisi merupakan upaya untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19 yang saat ini semakin masif dan merata di seluruh wilayah Sumbar dan sudah sangat mengkhawatirkan.

baca juga: Jelang Libur Panjang, Polda Sumbar Imbau Masyarakat untuk Tetap di Rumah

"Maka Polri secara serentak mulai 14 September 2020 pukul 00.00 WIB melaksanakan Operasi Yustisi, dengan sasaran utama adalah klaster COVID-19 di lokasi keramaian dan fasilitas umum," katanya di Mapolda Sumbar, Senin (14/9/2020).

Satake menambahkan, berkaitan dengan hal tersebut, pihaknya akan melaksanakan sinergitas dengan Pemerintah Daerah khususnya membantu, mendukung, mendampingi, mendorong dan sekaligus mengawasi Dinas maupun Instansi terkait dalam melaksanakan tugas dan kegiatan penegakan Perda.

baca juga: Ada Dugaan Galian C Dibalik Abrasi Batang Agam, Gubernur Minta Polisi Bertindak

Selain itu, pihaknya selama 7 hari ke depan akan melakukan sosialisasi dan imbauan kepada masyarakat terkait Perda Pemerintah Provinsi Sumbar tentang Adaptasi Kebiasaan Baru yang baru disahkan beberapa hari yang lalu, sehingga aturan Perda dapat diterima dan dipatuhi oleh masyarakat.

"Berbagai imbauan kami sampaikan kepada masyarakat, baik secara langsung maupun dengan pemasangan baliho, spanduk, brosur dan selebaran kepada warga masyarakat tentang pendisiplinan protokol kesehatan serta pemberian sanksi hukum bagi pelanggar," jelasnya.

baca juga: Polda Sumbar Imbau Buruh Tidak Unjuk Rasa ditengah Pandemi COVID-19

Ia mengajak, seluruh warga masyarakat, khususnya di wilayah Provinsi Sumbar dalam beraktivitas di luar rumah untuk selalu menerapkan disiplin protokol kesehatan.

"Mari kita biasakan menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. Sehingga dapat menekan dan mengendalikan penyebaran COVID-19," ujarnya.(rilis)

baca juga: Selama September Polda Sumbar Ungkap 30 Kasus Narkoba, 117,8 Ribu Jiwa Terselamatkan

Editor: Muhammad Haikal