Ribuan APD Diterbangkan Menggunakan Heli Canggih dari BIM ke Dharmasraya

Wagub Sumbar Nasrul Abit, Kalaksa BPBD Sumbar Erman Rahman dan kru Helikopternya foto bersama di Bandara Internasional Minangkabau
Wagub Sumbar Nasrul Abit, Kalaksa BPBD Sumbar Erman Rahman dan kru Helikopternya foto bersama di Bandara Internasional Minangkabau (Istimewa)

PADANG, KLIKPOSITIF - Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit bersama Kalaksa BPBD Sumbar Erman Rahman bertolak dari BIM Padang menuju Dharmasraya menggunakan Helikopter Chinook, Rabu pagi (16/9/2020).

APD , handsanitizer dan masker yang dibawa jumlahnya cukup besar.

baca juga: Peduli Pendidikan, Calon Bupati Sutan Riska Bakal Berikan Pakaian Sekolah Gratis dan Beasiswa

"Kita ada 20 ribu alat pelindung diri ( APD ), 20 ribu masker, 20 sarung tangan, yang akan dibagikan ke berbagai daerah, dalam rangka pencegahan mewabahnya virus corona," ujar Nasrul Abit kepada wartawan.

Wagub mengimbau seluruh masyarakat Sumbar untuk mematuhi protokol kesehatan.

baca juga: Keliling Dharmasraya, Andre Rosiade Tebar Bantuan Rp400 Juta

"Dan setelah sosialisasi perda dilakukan, mulai minggu depan kita meminta seluruh bupati dan walikota melakukan action di lapangan dan menegakkan punish reward yang diamanatkan oleh perda adaptasi kebiasaan baru tersebut, setelah pengesahan oleh Mendagri nantinya," tegas Nasrul Abit.

Kecenderungannya sekarang memang naik jumlah positif covid-19 di Sumbar, semua itu hasil pemeriksaan tiga ribuan sampel spesimen setiap hari di dua Lab yang kita punya.

baca juga: Sutan Riska Upayakan Dharmasraya Sebagai Daerah Maju

Beruntung BNPB membantu heli untuk mendrop bantuan APD dan sebagainya ke daerah yang jangkauannya jauh dan sulit seperti ke Dharmasraya hari ini. "Besok kita juga akan mengantarkan bantuan APD ke Pasaman dan Mentawai. Semua daerah dapat, namun mobilitas dengan heli kita prioritaskan yang sulit dijangkau transportasi darat," jelasnya.

Sementara itu, Kalaksa BPBD Sumbar Erman Rahman mengatakan helikopter Chinook berangkat mendroping APD ke Kabupaten Dharmasraya . "Ada 3.000 APD premiun yang diserahkan, dan 20 ribu masker. Ini juga dalam rangka sosialisasi juga kepada bupati sehingga bisa segera mengambil langkah-langkah aksi ke lapangan," ujar Erman Rahman.

baca juga: BNPB Bantu Sumbar Rp19 Miliar Atasi Abrasi Pantai

Harapan BPBD Sumbar, agar masyarakat tidak menganggap remeh, jangan bermain-main.

"Harus bersama-sama mengatasi, tidak bisa sendiri-sendiri mengatasi penyebaran virus corona. Jika masih bermain-main, pandemic covid-19 ini tidak akan pernah berakhir. Apakah kita mau seperti itu?" tanya Erman Rahman. (*)

Editor: Joni Abdul Kasir