Polisi Kembali Amankan Empat Preman yang Bikin Resah Warga di Kawasan Air Mancur Pasar Raya Padang

Preman Saat Diamankan di Kawasan Air Mancur Pasar Raya Padang
Preman Saat Diamankan di Kawasan Air Mancur Pasar Raya Padang (Ist)

PADANG, KLIKPOSITIF -Sebanyak empat preman kembali diamankan Polresta Padang di Kawasan Air Mancur, Pasar Raya Padang, Rabu (16/9/2020) sekira pukul 15.00 WIB.

Mereka menyusul 13 temannya sesama preman yang diamankan pada dua hari yang lalu, yang diduga melakukan pemalakan atau pungutan liar (pungli).

baca juga: Dai Kondang Sumbar Keturunan Tionghoa Muslim Nur Meninggal Dunia

Kasat Reskrim Polresta Padang , Kompol Rico Fernanda mengatakan, pelaku berinisial IA (18), DA (21), IR (22), dan S (51). Mereka diamankan berdasarkan laporan masyarakat yang seringkali membuat resah.

"Dari tangan pelaku DA, kami menyita uang tunai sebesar Rp127 ribu," katanya di Mapolresta Padang.

baca juga: Gempa Guncang Pagai Selatan Mentawai, Dirasakan Hingga ke Padang

Rico menambahkan, keempat preman tersebut serta barang bukti berupa uang tunai, dibawa ke Mapolresta Padang untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Sebelumnya, di lokasi yang sama, polisi mengamankan belasan preman, Senin (14/9/2020). Terdapat ada 13 orang preman yang diamankan karena diduga telah melanggar peraturan terkait retribusi daerah.

baca juga: Dinas Damkar Padang: Jumlah Rumah yang Terbakar di Sawahan Capai 8 Unit

Kapolresta Padang, AKBP Imran Amir mengatakan, keberadaan mereka dinilai meresahkan para pengendara, karena kerap meminta uang lebih yang sasarannya adalah pengemudi angkutan kota (angkot) juga masyarakat yang memiliki mobil pribadi dan yang parkir di kawasan tersebut.

Imran menambahkan, modus preman dalam melakukan pemalakan yaitu dengan menggunakan pengharum ruangan, menjual makanan, minuman dan lainnya, yang kemudian memaksa orang untuk membelinya dan meminta dengan harga yang tinggi.

baca juga: Beberapa Unit Rumah Terbakar di Jalan Tarandam Padang

"Masyarakat yang merasa resah dengan ulah preman tukang palak ini akhirnya melaporkannya, dan langsung kami respons dengan melakukan penindakan dan berhasil diamankan sebanyak 13 orang preman," katanya di Mapolresta Padang.

Editor: Muhammad Haikal