Presiden AS Sebut 100 Juta Dosis Vaksin Corona Bisa Didistribusikan Pada Desember

Donald Trump
Donald Trump (net)

KLIKPOSITIF - Presiden Amerika Serikat Donald Trump, 100 juta dosis vaksin virus corona sudah bisa didistribusikan di negaranya pada Desember 2020. Waktu yang ia sebutkan itu beberapa bulan lebih dini daripada yang diperkirakan pejabat utama pemerintah federal bidang kesehatan.

"Begitu FDA menyetujui vaksin itu kita akan bisa mendistribusikan 100 juta dosis pada akhir 2020 dan dalam jumlah banyak lebih cepat dari itu," kata Trump saat konferensi pers.

baca juga: FDA Setujui Obat yang Digunakan Trump Menjadi Obat Covid-19

Sebelumnya pada Rabu, Direktur Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Robert Redfield, mengatakan distribusi vaksin COVID-19 kemungkinan baru bisa digulirkan pada pertengahan 2021 atau beberapa waktu setelah itu.

Pakar penyakit menular terkemuka AS Dr Anthony Fauci mengatakan kepada CNN bahwa sebagian besar ahli yakin vaksin akan siap pada November atau Desember. "Bisa dibayangkan bahwa Anda bisa memilikinya pada bulan Oktober, meski menurut saya itu tidak mungkin," ujarnya.

Pakar lain mengatakan vaksin yang kredibel secara ilmiah tidak akan tersedia hingga awal 2021. Donald Trump mengklaim bahwa langkah-langkahnya dalam memerangi pandemi di Amerika Serikat sudah menyelamatkan jutaan jiwa.

Dia juga membela orang Amerika yang tidak menggunakan masker dan pedoman jarak sosial, dan mengatakan bahkan para ahli seperti Fauci telah mengubah pandangan mereka tentang pedoman tersebut.

baca juga: Vaksinasi Covid-19 Dimulai November, Ini Kata DPR

Trump telah menghadapi kritik karena mengadakan kampanye berskala besar di Nevada dan negara bagian lain - acara yang digambarkan sebagai sangat berisiko oleh penasihatnya Dr Fauci.

Editor: Ramadhani