Apa Perbedaan Mencolok antara Covid-19, Mers, dan Ebola? Ini Penjelasan Ahli

Ilustrasi
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF - Ahli epidemiologi dan dokter penyakit menular, Katie Passaretti, MD di Atrium Health menyatakan bahwa Covid-19 cukup berbeda dengan penyakit menular lainnya. Dalam hal ini ia membandingkan Covid-19 dengan ebola hingga Mers .

" Ebola dan Mers sangat merusak individu yang terinfeksi, tetapi kami mampu menahan virus tersebut agar tidak menyebar di dalam masyarakat yang lebih luas," kata Katie Passaretti, MD, seperti yang dikutip dari Health.

baca juga: Pasien Positif COVID yang Meninggal Bertambah di Pessel, Total Jadi 17 Orang

"Covid-19 tidak terlalu mematikan bagi individu, tapi jelas kami kurang berhasil dalam mengendalikan penyebarannya," imbuhnya.

Penyebaran yang cepat dalam masyarakat adalah masalah paling utama pada Covid-19. "Covid-19 dapat menyebar dengan sangat mudah di masyarakat, bahkan dari orang-orang sebelum mereka tahu bahwa mereka memiliki gejala atau tanpa gejala sama sekali," kata Dr. Passaretti.

baca juga: Seorang Anggota DPRD Pasaman Barat Positif Corona

"Ini benar-benar membutuhkan tanggapan masyarakat untuk mengendalikan penyebarannya, tidak bisa hanya rumah sakit yang berfokus pada pasien dengan gejala yang paling parah," imbuhnya.

Dalam kasus ini, dia mengatakan memakai masker dan tinggal di rumah menjadi hal penting penting untuk menjaga virus tetap terkendali. Sayangnya, praktik yang digunakan untuk mengendalikan wabah Covid-19 tidak diterapkan secara tertib.

baca juga: Pendapat Quraish Shihab Tentang Sejarah Perayaan Maulid Nabi Muhammad

"Seiring waktu banyak orang mengalami kelelahan," kata Dr. Passaretti.

Dokter Passaretti menyatakan bahwa dengan sedikit perubahan perilaku kesehatan , Covid-19 mungkin bisa dikendalikan. Khususnya dengan menerapkan berbagai protokol kesehatan yang telah dianjurkan.

baca juga: Pesan Nadiem di Hari Sumpah Pemuda: Generasi Muda Ingat Kembali Sosok Mohammad Yamin

Editor: Eko Fajri