Siswa dan Guru di Payakumbuh Dapat Kuota Internet Gratis, Disdik: Penginputan Data Masih Berlangsung

Kepala Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh, Agustion.
Kepala Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh, Agustion. (KLIKPOSITIF/Taufik Hidayat)

PAYAKUMBUH , KLIKPOSITIF - Diperpanjang proses pembelajaran jarak jauh memberikan beban tersendiri bagi para orangtua karena harus menyediakan kuota internet untuk masing-masing anaknya agar bisa mengikuti kegiatan belajar secara dalam jaringan (daring).

Sebagai salah satu upaya meringankan beban orangtua dan guru di Kota Payakumbuh , para siswa dan guru akan diberikan bantuan kuota internet gratis dari PT. Telkom.

baca juga: Kapolres Payakumbuh: Operasi Zebra Singgalang 2020 Untuk Pendisiplinan Masyarakat Berkendara

Kepala Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh , Agustion menyebut, hingga saat ini seluruh sekolah masih melakukan penginputan data.

"Proses penginputan data langsung dilakukan oleh masing-masing operator yang ada di sekolah ke data pokok pendidikan hingga beberapa hari ke depan," kata Agustion, Kamis (17/9).

baca juga: Tetap Layani Warga Saat Pandemi, BPJS Kesehatan Payakumbuh Maksimalkan Layanan PANDAWA

Dijelaskan Agustion, tidak semua data yang dikirimkan pihak sekolah langsung disetujui karena ditemukan beberapa permasalahan, seperti nomor siswa yang didaftarkan sudah tidak aktif lagi.

"Karena itu, sampai saat ini total siswa yang akan mendapatkan bantuan paket data ini belum dapat dipastikan. Meski demikian, diharapkan semua siswa dan guru akan mendapatkan bantuan ini," katanya.

baca juga: Investor Korea Akan Bangun Hotel Berbintang di Payakumbuh

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Payakumbuh Jhon Kenedi mengatakan pemberian paket data yang berasal dari PT. Telkom ini merupakan jawaban dari beberapa keluhan dari siswa dan orang tua.

"Selain itu, dalam waktu dekat kami akan menambah kecepatan internet yang ada di seluruh kelurahan. Hingga dapat dimanfaatkan oleh anak dalam pembelajaran daring," ujarnya.

baca juga: Wali Kota Payakumbuh Lantik Tiga Kepala Dinas

Untuk Kota Payakumbuh , Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 telah memutuskan untuk kembali memperpanjang masa pembelajaran jarak jauh sampai dengan waktu yang belum ditentukan. Hal itu lantaran kembali meningkatnya kasus positif dalam beberapa waktu terakhir. (*)

Editor: Taufik Hidayat