GOW dan KPU Tanah Datar Gelar Sosialisasi Pilkada Serentak 2020

Sosialisasi Pilkada Serentak pada GOW Tanah Datar
Sosialisasi Pilkada Serentak pada GOW Tanah Datar (ist)

TANAH DATAR , KLIKPOSITIF - Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Tanah Datar bersama KPU setempat melakukan sosialisasi Undang-Undang Nomor 6 tahun 2020 tentang Penetapan Perpu Nomor 2 Tahun 2020 tentang Pilkada Serentak 2020 kepada warga Nagari Atar, Kecamatan Padang Ganting.

Komisioner KPU Tanah Datar Erlonadi menyampaikan bahwa Pilkada Serentak Lanjutan ini dilaksanakan di 270 daerah terdiri dari 9 provinsi, 224 kabupaten dan 37 kota di tengah pandemi COVID 19.

baca juga: Bawaslu Solsel: Dari 126 Kegiatan Kampanye, Satu Dibubarkan

"Daerah yang melaksanakan Pilkada Serentak saat ini harus diisi, karena kalau hanya dijabat Penjabat (pj), maka urusan kebijakan dan arah pembangunan tidak bisa dilaksanakannya," ucap Erlonadi, Jumat 18 September 2020.

Koordinator Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Tanah Datar ini menyebut dalam masa pandemi COVID-19 pelaksanaan Pilkada Serentak harus memenuhi protokol kesehatan untuk memutus penyebaran virus Corona.

baca juga: Panwascam Solsel Harapkan Hal Ini dari Masyarakat dalam Pilkada

"Jangan karena COVID-19, masyarakat tidak memilih. Namun, tentu protokol kesehatan juga harus dilaksanakan agar jangan sampai pandemi ini semakin berkembang," tutur Erlonadi.

Ia mengimbau kepada masyarakat untuk mengecek dan memastikan apakah sudah terdaftar sebagai pemilih dalam Pilkada Serentak 2020.

baca juga: Salahi Aturan, Bawaslu Solok Telah Tertibkan 1.916 APK

" KPU sudah mengeluarkan Daftar Pemilih Sementara (DPS) dan akan ditempelkan di nagari masing-masing, silahkan cek dan laporkan ke anggota PPS kalau belum terdaftar," ucapnya.

Ketua GOW Tanah Datar Ny. Retri Zuldafri Darma mengharapkan sosialisasi ini memberi pemahaman kepada kaum perempuan betapa berharganya hak suaranya dan bisa mengajak masyarakat untuk antusias menyalurkan hak pilihnya di Pilkada nanti sehingga tingkat partisipasi meningkat. (*)

baca juga: Milad ke 65, UMSB Launching Logo Baru

Penulis: Irfan Taufik | Editor: Ramadhani