DPS 144.729, KPU Dharmasraya Imbau Masyarakat Segera Cek

Ilustrasi
Ilustrasi (Net)

DHARMASRAYA , KLIKPOSITIF - KPU Dharmasraya pada Sabtu,19 September 2020 secara resmi mengumumkan DPS di masing-masing wilayah Jorong atau Nagari setempat.

"Telah diumumkannya DPS dengan cara ditempelkan di masing-masing PPS Jorong dan Nagari, kita berharap sekali masyarakat aktif dalam melakukan pengencekan apakah sudah terdata atau belum," harap Ketua KPU Dharmasraya Maradis.

baca juga: Tanah Datar Kembangkan Bibit Bawang Merah Jadi Varietas Unggulan

Dikatakannya, apabila masih ada masyarakat yang belum terdaftar bisa lansung menghubungi pps di Nagari, atau melaporkan ke PPK bahkan bisa lansung ke kantor KPU . Hal tersebut diharapkan hak pilih warga terlindungi.

"Disamping masyarakat punya kesadaran sendiri, diharapkan juga partai politik juga ikut mensosialisasikan ini, sehingga tidak ada pihak yang dirugikan, tentu kita semua bersama-sama menciptakan daftar pemilih yang akurat, karena ini tanggungjawab kita bersama." imbau Maradis.

baca juga: Terkait Netralitas, 7 ASN Kabupaten Solok Dipanggil Bawaslu

Hal senada juga disampaikan Koordinasi divisi sosialiasasi, pendidikan pemilih, partisipasi masyarakat dan SDM, KPU Dharmasraya Donny Kartago, menurutnya, DPS yang telah diumumkan pada hari ini perlu kecermatan bersama dengan beberapa ketentuan.

"Sehingga apabila ada masyarakat belum masuk DPS bisa dilaporkan ke petugas, kalau ada yang DPS yang tidak memenuhi syarat akan kita hapus, ataupun kesalahan data, bisa dilaporkan, sehingga kita bisa perbaiki kesalahan tersebut," ungkapnya.

baca juga: Ribuan Pelaku UMKM di Dharmasraya Terima Bantuan Program Banpres Produktif Usaha Mikro

Selain melalui pos di masing-masing nagari, masyarakat juga bisa lansung melakukan pengecekan data melalui website www.lindungihakpilihmu.go.id. Pengumuman DPS tersebut akan berlansung hingga 28 September mendatang.

Bersadarkan rekapitulasi DPS, dari 52 nagari yang tersebar di 11 Kecamatan di Dharmasraya , terdaftar sebanyak 144.729 orang pemilih yang terdiri dari 72.373 orang laki-laki, dan 72.356 orang perempuan.

baca juga: Awasi 100 Kampanye Tatap Muka Bawaslu Solsel Ingatkan Paslon Patuhi Protokol Kesehatan

Penulis: Ivan Rionaldo Lutfie | Editor: Eko Fajri