Ini Jumlah DPS di Tanah Datar

Pengumuman DPS di Nagari Sungayang Tanah Datar
Pengumuman DPS di Nagari Sungayang Tanah Datar (ist)

TANAH DATAR , KLIKPOSITIF - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tanah Datar mengumumkan Daftar Pemilih Sementara (DPS) untuk Pemilihan Serentak Lanjutan 2020 di masing-masing nagari daerah itu.

"Kita mengharapkan masyarakat dapat mengecek namanya apakah sudah terdaftar dalam DPS atau belum, sekaligus memberikan masukan dan tanggapannya," ucap Komisioner KPU Tanah Datar , Fitri Yenti saat monitoring penempelan DPS, Sabtu 19 September 2020.

baca juga: KPU Tanah Datar Tempelkan DPT di Tempat Umum, Warga Diminta Memeriksanya

Koordinator Divisi Program, Data, dan Informasi ini menyebut pengumuman DPS kepada masyarakat berdasarkan Peraturan KPU Nomor 19 Tahun 2019 untuk memastikan pemilih yang berhak memilih pada Pilkada Serentak 2020 masuk dalam DPS.

Fitri menyampaikan pengumuman DPS dan masukan masyarakat ini dilaksanakan pada 19 sampai 28 September 2020 di kantor wali nagari masing-masing, dan di lokasi yang mudah diakses masyarakat.

baca juga: Libur Panjang, Polres Payakumbuh Tingkatkan Pengawasan di Objek Wisata

"Bila ada warga yang belum terdaftar atau identitas yang salah, pemilih, pihak keluarga, atau pihak berkepentingan dapat memberikan masukan, sehingga data pemilih tersebut menjadi akurat," tutur Fitri.

Masyarakat dapat memberikan tanggapan kepada Panitia Pemilihan Suara (PPS) di tingkat nagari, atau ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), ataupun KPU Kabupaten dengan menunjukan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik atau surat keterangan dari Dinas Dukcapil, atau Kartu Keluarga (KK) serta mengisi formulir Model A.1.A-KWK.

baca juga: Puluhan Pengendara Masih Melanggar Saat Operasi Zebra, Ini Imbauan Polres Tanah Datar

Rekapitulasi DPS Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tanah Datar dan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat tahun 2020 berjumlah 256.857 pemilih dimana laki laki sebanyak 126.002 pemilih dan perempuan sebanyak 130.855 pemilih. DPS tersebar di 75 nagari dengan jumlah TPS sebanyak 879 TPS. (*)

Penulis: Irfan Taufik | Editor: Eko Fajri