16 Paket Besar Ganja Kering Disita, Empat Pelaku Dibekuk di Pasbar

SatRes Narkoba Polres Pasaman Barat saat menyita barang bukti dari sebuah kebun sawit di Nagari Ujung Gading bersama pelaku
SatRes Narkoba Polres Pasaman Barat saat menyita barang bukti dari sebuah kebun sawit di Nagari Ujung Gading bersama pelaku (Istimewa)

PASBAR , KLIKPOSITIF - Sekitar 16 paket besar ganja kering disita Polisi dari empat terduga pelaku penyalahgunaan narkotika di Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat.

"Empat orang diamankan Satres Narkoba Polres Pasaman Barat dengan jumlah barang bukti sekitar 16 paket besar ganja kering," sebut Kasubag Humas Polres Pasaman Barat, AKP Defrizal, Sabtu (19/9/2020).

baca juga: Setahun Pertama Periode Kedua, Arif Nurul: Ini Kelebihan dan Tantangan Pemerintahan Jokowi

Ia mengatakan keempat terduga pelaku penyalahgunaan narkotika itu merupakan warga Nagari Ujung Gading, Kecamatan Lembah Melintang dengan inisial AS (22), SM (25), Y (36) dan FB (40).

"Keempat pelaku diamankan didua tempat yang berbeda. Pelaku AS dan SM diamankan di Jalan Umum Simpang Empat Talu, sedangkan pelaku Y dan FB diamankan di Jorong Koto Sawah, Nagari Ujung Gading," katanya.

baca juga: Bawaslu Pasbar Kembali Teruskan Dua Kasus Dugaan Pelanggaran Netralitas ASN

Menurutnya penangkapan itu berdasarkan informasi yang diterima oleh pihaknya dari masyarakat, bahwa akan ada terjadinya transaksi narkotika jenis ganja didaerah Talu, Kecamatan Talamau.

Ia menceritakan berdasarkan informasi yang didapat itu anggota SatRes Narkoba Polres Pasaman Barat melakukan penyelidikan. Sehingga pada Jumat (18/9) sekira pukul 22.30 WIB diamankan pelaku AS dan SM di Jorong Merdeka, Nagari Talu.

baca juga: Teciduk di Jalanan, Mobil Ini Akan Dirilis di Indonesia?

Kemudian dari tangan kedua tersangka ini petugas menyita barang bukti berupa 3 paket besar ganja kering. Selanjutnya dilakukan intrograsi terhadap kedua tersangka tersebut.

Pengakuan tersangka terang AKP Defrizal, bahwa ganja tersebut didapat dari pelaku FB yang beralamat di Ujung Gading. Kemudian tim Satares Narkoba langsung bergerak menuju Nagari Ujung Gading.

baca juga: Resmikan Jalan Presiden Joko Widodo di Abu Dhabi, Ini Alasan Pemerintah UAE

Dengan membawa tersangka AS, petugas langsung melakukan pengepungan terhadap rumah FB. Pada Sabtu (19/9) sekira pukul 04.45 WIB petugas masuk kerumah FB.

Pelaku FB yang sedang tertidur dirumahnya diciduk. Kemudian menanyakan kepada pelaku ini ganja yang lain, pelaku selanjutnya menunjukkan ganja yang lain.

Ia (FB) menyimpan di dalam kebun kelapa sawit, sesampai dilokasi yang berjalan sekitar 200 meter dari kediamannya, kembali ditemukan sebanyak 13 paket ganja kering yang dibungkus dengan karung plastik.

Selain menemukan belasan paket besar ganja tersebut, dengan jarak 20 meter disebuah pondok kebun yang ada di dalam kebun sawit itu diamankan kembali seorang pelaku Y.

"Pelaku Y ini mengaku sebagai pemilik kebun sawit ini. Namun ketika dipertemukan dengan pelaku FB, pelaku Y berperan sebagai penjaga belasan ganja ini," paparnya.

Saat ini keempat terduga pelaku sudah diamankan di Mako Polres Pasaman Barat guna dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Mereka juga terancam 114 ayat (2) Pasal 111 ayat (2) Undang-undang Nomor 35 tahun 2009.

Penulis: Irfansyah Pasaribu | Editor: Eko Fajri