Bakal Calon Kepala Daerah yang Sempat Dinyatakan Positif Kini Sudah Bisa Lakukan Tes Kesehatan

Ilustrasi
Ilustrasi (KLIKPOSITIF/Hatta Rizal)

PADANG , KLIKPOSITIF - Enam calon kepala daerah yang sebelumnya positif Covid-19 melakukan tes kesehatan mulai hari ini, Senin 21 September 2020.

Enam orang tersebut diketahui telah dinyatakan negatif dan sudah bisa melakukan tes kesehatan sesuai dengan tahapan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

baca juga: Beritakan Nasrul Abit Keturunan Partai Komunis, Pimred Akurat.co Minta Maaf

"Selama dua hari ke depan, enam calon kepala daerah mengikuti pemeriksaan tes kesehatan di RSUP M Djamil, Padang ," ujar Ketua Pelaksana Pemeriksaan Kesehatan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Sumatera Barat, dokter Roni Eka Sahputra.

Menurutnya, pemeriksaan tes kesehatan dilakukan sebagai kelengkapan persyaratan sebagai bakal calon kepala daerah pada Pilkada serentak 9 Desember 2020 mendatang.

baca juga: Atasi Sampah di Pantai Air Manis, PT PSM Berencana Buat Paving Block dari Sampah Plastik

Pemeriksaan kesehatan mereka diundur selama dua pekan dibandingkan 92 kandidat lainnya yang telah menjalani pemeriksaan tes kesehatan pada 7 September lalu.

"Kami menargetkan pemeriksaan kesehatan dapat dituntaskan selama 2 hari, dengan melibatkan 10 orang lebih dokter di RSUP dr M Djamil Padang ," lanjutnya.

baca juga: Gempa Guncang Pagai Selatan Mentawai, Dirasakan Hingga ke Padang

Menurutnya, hasil tes tersebut dapat diplenokan pada Selasa 22 September malam, dan hasilnya diumumkan pada Rabu 23 September bertepatan dengan jadwal penetapan pasangan calon Pilkada serentak.

"Tujuannya agar saat terpilih nanti, pemerintahan dapat berjalan tanpa kendala yang muncul dari kesehatan bakal calon," tutupnya.

baca juga: Andre Rosiade Santuni Janda 4 Anak yang Jadi Tukang Cuci Pakaian di Padang

Penulis: Halbert Caniago | Editor: Haswandi