Ratusan Personel Satgas TMMD ke 109 di Pessel Jalani Rapid Test Kesehatan COVID-19

Sejumlah personel TNI saat menjalani rapid test
Sejumlah personel TNI saat menjalani rapid test (Pendim 0311 Pessel)

PESSEL , KLIKPOSITIF - Ratusan personel satuan tugas (Satgas) tentara manunggal masuk desa (TMMD) ke 109 di Kabupaten Pesisir Selatan ( Pessel ), Sumatera Barat menjalani rapid test pada Senin 21 September 2020 kemarin

Kegiatan rapid test, dipusatkan di gedung UDKP Kecamatan Bayang Utara Posko, dengan tenaga medis UPTD puskesmas Bayang Utara. Pasiter Kodim 0311 Pessel , Kapten Inf Rudi Saragih mengungkapkan, rapid test adalah serakaian prosedur yang wajib dilakukan personel sebelum menjalani tugas sebagai Satgas TMMD.

baca juga: Awasi 100 Kampanye Tatap Muka Bawaslu Solsel Ingatkan Paslon Patuhi Protokol Kesehatan

"Karena di masa pandemi , jadi sebelum pelaksanaan seluruh personil diwajibkan untuk mengikuti rapid tes sesuai dengan protokol kesehatan," ungkapnya.

Ia menjelaskan, saat itu setidaknya ada sebanyak 150 personel Satgas TMMD yang menjalani tes yang sama dan diharapkan dengan adanya rapid test tersebut seluruh kegiatan terhindar dari penyebaran COVID. "Semua berjalan lancar, 150 personel yang menjalani rapid test, itu terdiri dari gabungan yang datang dari pasukan BKO dan personel Kodim," ujarnya.

baca juga: Peduli Usaha Mikro di Tengah Pandemi, Bank Nagari Berikan Pinjaman Tanpa Agunan

Sebelumnya, Dandim 0311 Pessel , Letkol Inf Gamma Artadila Sakti mengungkapkan, pelaksanaan TMMD ke 109 ini dibuka 22 September hari ini, dan berlanjut hingga 21 Oktober 2020.

Sesuai target program, Satgas TMMD bakal membuka jalan akses 7,9 kilometer dari Pancung Taba-Kampung Dilan. Selain itu, juga adakegiatan fisik lainya, salah satunya bantuan program bedah RTLH dari Baznas Pemkab Pessel , yang mendapat bantuan sebanyak 5 RLTH.

baca juga: Kasus Covid-19 Terus Meningkat, Inggris Pertimbangkan Lockdown

"Sementara itu panjang jalan yang dibuka dari titik 0, dari Nagari Pancung Taba ke Kampung Dilan sepanjang 3,7 kilometer. Sedangkan 4,2 kilometer dari Kampung Dilan ke Limau Gadang," terangnya.

Letkol Inf. Gamma Artadila Sakti berpersan, agar personel agar selalu menjaga kesehatan dengan memperhatikan protokol kesehatan. "Semoga kegiatan ini nantinya berjalan lancar dan sukses. Tentunya, dengan dukungan seluruh masyarakat serta steakholder terkait," tutupnya.

baca juga: Bawaslu Pasbar Kembali Teruskan Dua Kasus Dugaan Pelanggaran Netralitas ASN

Penulis: Kiki Julnasri | Editor: Ramadhani