Naik Drastis, Hari Ini 17 Orang Warga Pasaman Barat Terpapar Positif Virus Corona

Ilustrasi
Ilustrasi (Klikpositif)

PASBAR , KLIKPOSITIF - Kasus positif Corona atau COVID-19 kembali bertambah di Kabupaten Pasaman Barat ( Pasbar ). Kali ini penambahan kasus Corona di daerah itu meningkat tajam.

"Hari ini terdapat penambahan terindikasi positif Virus Corona sebanyak 17 orang warga di Pasaman Barat ," sebut Bupati Pasbar , Yulianto saat jumpa pers, Selasa (22/9/2020).

baca juga: Tuduhan Penyaluran BPUM Ditunggangi, Ini Klarifikasi Kadis Koperindag Pasbar

Ia mengatakan saat ini pihaknya telah melakukan tracking dan tracing terhadap warga yang diduga pernah kontak erat dengan belasan pasien positif ini. Hal itu dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran Virus Corona.

Lanjut Bupati Yulianto menjelaskan, hasil pemeriksaan sampel tes swab nomor 1156/09/PDRPI-FK/2020 yang dilaksanakan di BPD Ujung Gading dan Puskesmas Desa Baru.

baca juga: Polisi Tangkap Tangan Pelaku Togel Online di Pasaman Barat

Dari hasil sampel swab di dua tempat tersebut didapati sebanyak 15 orang yang terdiri dari 6 orang pegawai BPD Ujung Gading, 3 orang pegawai BPD Ranah Batahan dan 1 orang pegawai BPD Air Bangis.

Kemudian 2 orang tenaga kesehatan Puskesmas Desa Baru, 1 orang tenaga kesehatan Puskesmas Sungai Aur, 1 orang tenaga kesehatan Puskesmas Ujung Gading dan 1 orang warga Lubuk Gobing Kecamatan Ranah Batahan.

baca juga: Mahasiswa Segel Kantor DPRD Pasaman Barat

Selain itu hasil pemeriksaan swab dari Puskesmas Batipuh, Kabupaten Tanah Datar terdapat 2 orang tambahan terindikasi positif Corona yang merupakan warga Pasaman Baru, Kecamatan Pasaman.

"Dua orang ini merupakan pelaku perjalanan. Menyikapi hal tersebut kita akan melaksanakan pemeriksaan kesehatan terhadap 17 orang pasien positif tersebut," ungkap Yulianto.

baca juga: Hingga Malam Para Pendemo Masih Bertahan di Gerbang Kantor DPRD Pasbar

Kemudian kata dia, seluruh pasien tersebut direncanakan akan dilakukan isolasi di Balai Diklat BKPSDM Talu atau RSUD Pasaman Barat melihat kondisi kesehatan para pasien itu.

"Kami dari Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat juga telah melakukan tracking dan testing terhadap kontak erat pasien konfirmasi positif ini melalui Dinas Kesehatan," kata Bupati Pasaman Barat itu.

Sementara Jubir Satgas Pencegahan Penyebaran COVID-19 Pasaman Barat , dr Gina Alecia mengatakan jumlah kasus COVID-19 di Pasaman Barat meningkat tajam," katanya saat dihubungi KLIKPOSITIF .

Hingga saat ini total pasien positif Corona di Pasaman Barat sudah mencapai 70 orang dengan rincian sembuh 33 orang, pasien yang masih positif Corona 34 dan meninggal dunia 3 orang.

Pihaknya menganalisa, pasien yang terpapar positif Corona di Pasaman Barat rata-rata adalah pelaku perjalanan luar daerah dan ada juga yang kontak dengan pelaku perjalanan.

Untuk ia mengimbau, agar masyarakat tetap disiplin dalam mematuhi protokol kesehatan dengan selalu memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

Penulis: Irfansyah Pasaribu | Editor: Haswandi