TNI Buka Jalan di Kampung Dilan

Kasiter Korem 032 Wirabraja saat menjajal jalan baru TMMD Ke-109 di Pessel
Kasiter Korem 032 Wirabraja saat menjajal jalan baru TMMD Ke-109 di Pessel (Pendim 0311 Pessel)

PESSEL , KLIKPOSITIF - Kepala Seksi Teritorial (Kasiter) Komando Resor Militer (Korem) 032 Wirabraja, Kolonel Kav Huznizon menjajal rute jalan pembangunan tentara manunggal masuk desa (TMMD) ke 109 di Kabupaten Pesisir Selatan ( Pessel ), Selasa 22 September 2020.

Diketahui usai ditabuh siang tadi, pelaksanaan TMMD ke-109 resmi dimulai 22 September 2020, dengan target pembukaan jalan 7,9 kilometer di Kecamatan IV Nagari Bayang Utara sampai 21 Oktober 2020 mendatang.

baca juga: Paslon Wali Kota Solok Ini Kepincut Ikuti Jejak Kepemimpinan Nasrul Abit

Menjajal rute jalan baru, Kasiter Korem 032 gunakan motor trabas satuan TNI, di antaranya untuk memantau dan memastikan kelancaran pelaksanaan TMMD ke 109 yang sudah dimulai, tepatnya di Kampung Dilan , Nagari Pacung Taba, IV Nagari Bayang Utara.

"Setelah jalannya selesai, tentu Kampung Dilan yang sekarang susah, akan terasa mudah menjadi mudah untuk dilewati. Sehingga masyarakat setempat akan mudah untuk turun maupun naik ke kampung tersebut," ungkap usai menjajal rute jalan tersebut.

baca juga: Langgar Perda AKB, 53 Warga Pessel di Sanksi Karena Tidak Pakai Masker

Dalam kegiatan itu, turut hadir Dandim 0311/ Pessel , Letkol Inf. Gamma Arthadilla Sakti, Pasiter Kapten Inf. Rudi Saragih, Kadis DPPMPKB Pessel Wendi, Staf Baznas Sumbar dan perwakilan dari Dinas PU Pessel .

Ia mengharapkan, pelaksanaam TMMD ke 109 di Pancung Taba, IV Nagari Bayang Utara bisa selesai sesuai target. Sehingga dengan itu, akses aktivitas perekonomian masyarakat juga bisa dilakukan dengan lancar.

baca juga: Bawaslu RI Temukan 601 Pemilih Ganda Dalam Proses DPT Pilkada di Pessel

"Apalagi mayoritas penduduknya yang tinggal di (Kampung) Dilan adalah berkebun. Tentu, nantinya akan sangat mudah mengangkut hasil perkebunan, dan harga petani juga bisa meningkat dengan adanya jalan," terangnya.

Sebelumnya, Dandim 0311 Pessel , Letkol Inf Gamma Artadila Sakti mengungkapkan, pelaksanaan TMMD ke 109 ini dibuka 22 September hari ini, dan berlanjut hingga 21 Oktober 2020.

baca juga: Diguga Terlibat Narkoba, Seorang Oknum Guru PNS Ditangkap Polisi di Pessel

Sesuai target program, Satgas TMMD bakal membuka jalan akses 7,9 kilometer dari Pancung Taba- Kampung Dilan . Selain itu, juga ada kegiatan fisik lainya, salah satunya bantuan program bedah RTLH dari Baznas Pemkab Pessel , yang mendapat bantuan sebanyak 5 RLTH.

"Sementara itu panjang jalan yang dibuka dari titik 0, dari Nagari Pancung Taba ke Kampung Dilan sepanjang 3,7 kilometer. Sedangkan 4,2 kilometer dari Kampung Dilan ke Limau Gadang," terangnya.

Letkol Inf. Gamma Artadila Sakti berpersan, agar personel agar selalu menjaga kesehatan dengan memperhatikan protokol kesehatan.

"Semoga kegiatan ini nantinya berjalan lancar dan sukses. Tentunya, dengan dukungan seluruh masyarakat serta steakholder terkait," tutupnya.

Penulis: Kiki Julnasri | Editor: Haswandi