Dari 2015 Sampai 2019 Payakumbuh Terima Lima Penghargaan WTP Secara Beruntun

Wali Kota Payakumbuh menerima penghargaan WTP kelima secara beruntun melalui ideo conference di Aula Randang Lt.II Balai Kota Payakumbuh, Selasa (22/09).
Wali Kota Payakumbuh menerima penghargaan WTP kelima secara beruntun melalui ideo conference di Aula Randang Lt.II Balai Kota Payakumbuh, Selasa (22/09). (Ist)

PAYAKUMBUH , KLIKPOSITIF - Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh kembali menerima penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk kelima kali secara berturut-turut atas pelaporan keuangan dari tahun 2015-2019.

Penghargaan kelima diterima secara virtual dari Menteri Keuangan Republik Indonesia pada Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2020 melalui video conference di Aula Randang Lt.II Balai Kota Payakumbuh , Selasa (22/09).

baca juga: Irsyad Syafar Lantik 5 Kepengurusan PKS Payakumbuh Tingkat Kecamatan

Selain Kota Payakumbuh , penghargaan WTP 5 kali berturut-turut juga diterima oleh 26 Kementerian Negara/Lembaga, 24 provinsi, 47 kota, dan 189 kabupaten. Sedangkan untuk penghargaan WTP 2019 diterima oleh 1 Bendahara Umum Negara, 84 Kementerian Negara/Lembaga, 34 provinsi, 87 kota, dan 364 kabupaten.

"Dengan pengelolaan keuangan yang baik secara transparan dan akuntabel, Kota Payakumbuh kembali menerima penghargaan WTP dari Menteri Keuangan RI," kata Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi , Selasa (22/9).

baca juga: Termasuk Kadis Kominfo, 16 Warga Payakumbuh Positif COVID-19

Riza mengatakan, penghargaan tersebut merupakan prestasi membanggakan karena standar pengawasan dan audit yang ditetapkan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) semakin ketat. Hal itu untuk menjalankan dan menerapkan praktek-praktek pengelolaan keuangan yang baik.

"Terimakasih kepada seluruh elemen. Baik jajaran birokrasi, DPRD, serta seluruh masyarakat Payakumbuh . Sebab, hanya dengan komitmen tinggi serta semangat kebersamaan, penghargaan prestisius tersebut dapat diraih," ujarnya.

baca juga: Beli Sabu Dipinggir Jalan, Petani di Lima Puluh Kota Diciduk Polisi

Sementara itu, Kepala BKD Kota Payakumbuh Syafwal menjelaskan, meski Payakumbuh sudah 6 kali menerima opini Wajar Tanpa Pengecualian secara berturut-turut dari tahun 2014-2019 namun pada tahun 2014 silam Kota Payakumbuh menerima opini WTP Dengan Paragraf Penjelasan (DPP).

"Karena hal itulah Kemenkeu RI mengakui Kota Payakumbuh baru di tahun 2015-2019 menerima opini WTP 5 tahun berturut-turut," katanya. (*)

baca juga: 3 Tahun Jabat Ketua PN Tanjungpati, Herry Cahyono Kini Jabat Ketua PN Serang IA

Editor: Taufik Hidayat