KPU Sumbar Tetapkan Empat Pasangan Calon di Pilgub Sumbar

Rapat pleno tertutup penetapan calon kepala daerah Pilkada 2020 Sumbar
Rapat pleno tertutup penetapan calon kepala daerah Pilkada 2020 Sumbar (KLIKPOSITIF/Fitria Marlina)

PADANG, KLIKPOSITIF - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Barat menetapkan empat pasang calon gubernur dan wakil gubernur, maju di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sumbar 2020. Penetapan dilakukan setelah rapat pleno tertutup yang di gelar di aula KPU Sumbar, Rabu, 23 September 2020.

Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Sumbar, Izwaryani mengatakan KPU Sumbar telah menetapkan pasangan calon kepala daerah untuk gubernur dan wakil gubernur serta calon bupati dan wakil bupati/ walikota dan wakil walikota untuk Pilkada tahun ini.

baca juga: Warga dan Perantau Minang 'Panas Hati' Nasrul Abit Difitnah Keturunan PKI

"Kita sudah tetapkan pasangan calon untuk maju di Pilkada tahun ini. Empat pasang calon gubernur dan 44 pasang calon bupati/wakil bupati serta walikota/wakil walikota," katanya usai rapat pleno.

Tahapan selanjutnya yang akan dilakukan oleh KPU adalah penetapann nomor urut, yang akan dilaksanakan besok, (Kamis, 24/9).

baca juga: 11.855 Pemilih Disabilitas di Sumbar, KPU Berikan Kemudahan di TPS

"Besok penentuan nomor urut yang akan dilakukan di salah satu hotel di Kota Padang, namun kita sangat batasi jumlah yang datang," tuturnya.

Izwaryani mengaku, hingga penetapan calon, satu bakal calon bupati dari Kabupaten Solok dinyatakan gugur karena tidak lolos pada tes kesehatan. "Kita sudah beri waktu kepada partai pengusung untuk mengganti pasangan, tapi sampai waktu penetapan calon tidak ada pergantian," jelasnya.

baca juga: Audy Joinaldy Kunjungi Rumah Driver Online Banting Setir Jadi Petani

Semuanya telah ditetapkan hari ini dengan jumlah total 48 pasangan calon, yakni empat pasangan calon gubernur dan 44 pasangan calon bupati/ walikota di Pilkada 2020 Sumbar. (*)

Editor: Fitria Marlina