KPU Kota Solok Tetapkan Tiga Calon Peserta Pilkada 2020

Komisioner KPU Kota Solok, Ilham Eka Putra
Komisioner KPU Kota Solok, Ilham Eka Putra (Klikpositif)

SOLOK , KLIKPOSITIF - Komisi Pemilihan Umum ( KPU ) Kota Solok menetapkan 3 bakal pasangan calon menjadi calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solok pada Pemilihan Kepala Daerah ( Pilkada ) kota Solok tahun 2020.

Penetapan terhadap ketiga Bapaslon menjadi paslon dilakukan melalui rapat pleno internal KPU Kota Solok pagi tadi, Rabu (23/9/2020). Penyerahan berkas berita acara penetapan dilakukan kepada ketiga paslon di Kantor KPU Kota Solok .

baca juga: Kembali Dari Luar Daerah, Pjs. Wako Solok Langsung Tes Swab

Masing-masing calon yang sudah ditetapkan diantaranya, pasangan Reinier - Andri Maran yang diusung Gerindra, PKPI, PPP dan PDI-P. Paslon Yutris Can - Irman Yefri Adang yang diusung Golkar dan Demokrat.

Kemudian Paslon Ismael Koto - Edi Candra yang diusung oleh partai Hanura dan PBB. Minus satu Bakal pasangan calon yang belum ditetapkan oleh KPU Kota Solok yakni pasangan Zul Elfian - Ramadhani Kirana Putra.

baca juga: Usung Program Kerakyatan, Masyarakat Pasar Gadang Pancung Soal Pessel Dukung Fakhrizal-Genius Umar Pimpin Sumbar

Terkait satu Bapaslon yang belum ditetapkan, ketua KPU Kota Solok Asraf Danil melalui Komisioner bidang Teknis, Ilham Eka Putra mengatakan, masih dalam proses.

"Baru tiga pasangan calon yang kita tetapkan dan sudah kita serahkan berita acara penetapan siang tadi, sementara satu Bapaslon lagi masih dalam proses," terang Ilham Eka Putra.

baca juga: Masyarakat Sumbar akan Divaksin COVID-19? Gubernur Minta Disosialisasikan Dulu

Menurutnya, bakal pasangan calon Zul Elfian - Dhani memang belum di SK-kan karena ada penundaan tahapan terhadap salah satu diantara pasangan, selain itu, masih ada dokumen yang harus diperbaiki.

Tahapan yang tertunda yakni pemeriksaan kesehatan lantaran Zul Elfian sebelumnya terkonfirmasi positif Corona Virus Desease 2019 (Covid-19) dan menjalani isolasi mandiri dan sudah dinyatakan sembuh.

baca juga: Bawaslu Solsel: Dari 126 Kegiatan Kampanye, Satu Dibubarkan

"Hasil pemeriksaan kesehatan beliau (Zul Elfian) baru kami terima tadi dari IDI Sumbar dan dinyatakan memenuhi syarat, dan masih ada syarat calon yang harus diperbaiki, kalau lengkap hari ini, bisa kita tetapkan dan diserahkan SK-nya," tutup Ilham.

Penulis: Syafriadi | Editor: Ramadhani