Kerja Harus Fokus! Pesan Terakhir Yulian Efi untuk ASN di Solsel

Yulian Efi menyerahkan memori jabatan kepada Asisten II Putra Nusa
Yulian Efi menyerahkan memori jabatan kepada Asisten II Putra Nusa (Ist)

SOLSEL , KLIKPOSITIF - Rabu 23 September 2020 adalah hari terakhir Yulian Efi memegang jabatan sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Solok Selatan ( Solsel ), jabatan tersebut sudah diembannya sejak tujuh tahun 2014 yang lalu.

Tidak hanya itu, Yulian efi juga mengajukan pensiun dari profesi sebagai ASN yang telah digelutinya sejak 27 tahun yang lalu tersebut.

baca juga: Bawaslu Solsel Perpanjang Masa Perekrutan Panwas TPS

"Hari ini KPU Solsel melakukan penetapan Calon kepala daerah, maka terhitung sejak hari ini saya mundur sebagai Sekda, sekaligus pensiun. Karena maju sebagai Calon Wakil Bupati berpasangan dengan Bapak Khairunas", kata Yulian Efi

Mantan Sekda Solsel Yulian Efi memberikan Kesan dan pesannya
Mantan Sekda Solsel Yulian Efi memberikan Kesan dan pesannya

Yulian Efi Putra Pasangan Yulius BA dan Hj Darlius Y kelahiran Rawang Muara Labuh 18 November 1966, anak ke empat dari enam bersaudara itu mengungkapkan rahasia utama bagaimana Dia mengarungi kehidupannya.

baca juga: Awasi 100 Kampanye Tatap Muka Bawaslu Solsel Ingatkan Paslon Patuhi Protokol Kesehatan

Rahasia itu adalah perintah tegas dari Sang Ayah As Yulius BA,yakni jika ingin sukses harus fokus tidak boleh setengah-setengah.

Yulian Efi menyerahkan surat pengunduran diri kepada Asisten I Fidel Efendi
Yulian Efi menyerahkan surat pengunduran diri kepada Asisten I Fidel Efendi

"Pesan Beliau yang masih terngiang di telinga Saya. Kamu harus Fokus, tidak boleh setengah-setengah, Jika taat harus benar-benar taat, tidak boleh abu-abu", kata Yulian Efi

baca juga: Kasus COVID-19 Hari Ini di Solsel, 10 Positif dan Dua Pasien Dinyatakan Sembuh

Intinya, katanya, harus fokus, jangan sampai Shalat dikerjakan maksiat dilakukan atau sebaliknya, karena akan berdampak buruk terhadap kehidupan.

Yulian Efi salam perpisahan dengan Kabag Humas Pemkab Solsel Firdaus Firman
Yulian Efi salam perpisahan dengan Kabag Humas Pemkab Solsel Firdaus Firman

Dalam bekerja katanya, juga demikian harus fokus agar mendapatkan hasil maksimal. Terhadap Pimpinan juga demikian kalau loyal, mesti benar-benar loyal tidak boleh abu-abu.

baca juga: Hari ini 10 Warga Solsel Terkonfirmasi Positif Covid-19

"Pesan saya buat semua pegawai, dan mungkin ini juga berguna bagi yang lain, Fokuslah dalam menghadapi dan menggeluti sesuatu, maka akan dapat dirasakan hasilnya", ujarnya.

Menurutnya, Kehidupan dan keberkahan kehidupan seseorang tidak ada yang tau. Semua tergantung takdir dari sang pencipta berserah dirilahkan kepada-Nya.

"Sekali lagi, Kerja harus fokus, jangan setengah-tengah. Loyalitas juga seperti itu, pekerjaan kita adalah mata air kita, maka jagalah selalu", katanya

Ayah dua orang Putri, Suami dari Betti Mulyani tersebut melanjutkan dalam perjalanan kariernya menjadi pegawai negeri pihaknya memohon maaf atas semua kesalahan selama bergaul dan ucapan terima kasih kepada rekan sejawat yang telah mendukungnya sampai jabatan terakhir sebagai sekda Solsel .

"Terima kasih, Tanpa bantuan rekan sejawat, termasuk keluarga besar saya, tidak mungkin saya sampai sejauh ini. Sebagai manusia biasa tentu ada kesalahan, kadang mungkin muncul marah, lupa menegur sapa. Mohon maafkan kami", katanya.

Berikut Riwayat Perjalanan Yulian Efi dari awal hingga jabatan terakhir sebagai sekda Solsel .

Nama Ir. H. Yulian Efi, MM. Tempat tanggal lahir Rawang, 18 Nov 1966. Anak ke-4 dari 6 bersaudara. Putra pasangan As Yulius BA (Alm) dan Hj. Dalius Y (Alm)

Pendidikan

SD tamat 1980 di SD Centre.

Smp 2 M.Lbh 1983 tamat.

Sma 1 tamat 1986.

S1 STMIK YPTK Padang 1992

S2 UPI YPTK Padang 2001

Memulai karier PNS sebagai Pegawai Honorer

Tahun 1993 CPNS

Tahun 2020 Pensiun dengan Jabatan Sekda Solsel dan pangkat terakhir pembina Utama Madya IV.d

Istri. Betti Mulyani

Anak. Annisa Maha Yube dan Rihhadatul Aisyah yube

Penulis: Kamisrial | Editor: Khadijah