Ikut Panen Cabai, Wawako Payakumbuh Ajak Generasi Muda untuk Tidak Gengsi Jadi Petani

Wakil Wali Kota Payakumbuh, Erwin Yunaz saat melakukan panen cabai bersama Kelompok Tani Komunitas Hijau.
Wakil Wali Kota Payakumbuh, Erwin Yunaz saat melakukan panen cabai bersama Kelompok Tani Komunitas Hijau. (Ist)

PAYAKUMBUH , KLIKPOSITIF - Wakil Wali Kota Payakumbuh , Erwin Yunaz ikut dalam panen cabai yang tengah dilaksanakan oleh Kelompok Tani Komunitas Hijau di di Kelurahan Padang Kaduduak, Kecamatan Payakumbuh Utara, Rabu (23/9).

Kelompok Tani Komunitas Hijau sendiri adalah sekumpulan anak muda yang nekad menjadi petani. Masih tersedianya lahan pertanian yang cukup jadi alasan para pemuda tersebut untuk bergerak mengelola.

baca juga: Pacu Itiak Ditetapkan Sebagai Warisan Budaya tak Benda, Pemko Payakumbuh Akan Lakukan Hal Ini

Melihat semangat juang generasi muda di daerahnya, Erwin Yunaz mengaku bangga karena di zaman sekarang cukup sulit menemukan generasi muda yang mau bergerak di bidang pertanian.

"Di zaman yang serba modernisasi saat ini sangat jarang kita temui generasi muda yang mau terjun langsung untuk mengelola pertanian seperti ini. Kita apresiasi apa yang dilakukan Kelompok Tan Komunitas Hijau ini," ucap Erwin Yunaz di sela-sela melakukan panen cabai.

baca juga: Difasilitasi Genpro, Rendang Payakumbuh Dikirimkan ke 7 Negara di Dunia

Dengan hadirnya Kelompok Tani Komunitas Hijau, ia berharap bisa menjadi motivasi bagi kelompok pemuda dan generasi milenial lain untuk ikut terjun langsung bertani sebagai pokok utama usahanya.

Ketua Kelompok Tani Komunitas Hijau, Ayang menyebut, bahwa kelompok tani tersebut dibentuk semenjak 2017.

baca juga: Terus Berkembang, Pokdarwis Kapalo Banda Taram Masuk Nominasi GIPI Awards 2020

"Selama lebih kurang 3 tahun ini berjalan kami sudah menanam beberapa varietas buah dan sayur lainnya, seperti jagung dan semangka," terangnya.

Cabai yang dipanen tersebut berada di laha seluas 3.000 meter persegi dengan 4.000 batang pohon cabai yang akan dipanen.

baca juga: Lima Hari Razia, 86 Orang Pelanggar Protokol Kesehatan Ditindak di Payakumbuh

"Berhubung ini panen yang kelima kalinya, sepertinya jumlah panen sekarang akan berkurang dari sebelumnya," kata Ayang. (*)

Editor: Taufik Hidayat