DPD RI: Nilai-nilai Pancasila yang Sudah Melekat di Masyarakat Diharapkan Semakin Kokoh

Anggota DPD RI daerah pemilihan Sumbar, Alirman Sori
Anggota DPD RI daerah pemilihan Sumbar, Alirman Sori (KLIKPOSITIF/Fitria Marlina)

PADANG, KLIKPOSITIF - Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) daerah pemilihan Sumatera Barat, Alirman Sori mengatakan, nilai-nilai pancasila yang sudah melekat di tengah-tengah masyarakat, diharapkan semakin memperkokoh kehidupan bermasyarakat. Hal ini karena mengaktualisasikan nilai-nilai pancasila dalam masyarakat adalah hal yang harus tetap dijaga.

"Sosialisasi nilai-nilai Pancasila diharapkan makin memperkokoh kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, serta bagaimana mengakutualisasikan empat pilar ini dalam kehidupan bermasyarakat," katanya saat sosialisasi empat pilar di MPR RI ( Pancasila , UUD 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika di Padang, Rabu, 23 September 2020.

baca juga: Akibat Nikita Mirzani Kritik Puan Maharani, GPMN: Hati-hati Lho Nik, Ini Bukan Dunia Entertainment

Ia mengatakan, untuk daerah Sumatera Barat, masyarakatnya telah menjalankan nilai-nilai pancasila itu. "Coba lihat sejarah, siap penggagas Pancasila ? Ada Muhammad Hatta salah satunya, tentunya nilai-nilai itu telah melekat dan menjalankan nilai-nilai pancasila sejak kemerdekaan dalam kehidupan sehari-hari," terangnya.

Selain itu, Alirman Sori juga menyoroti kasus COVID-19 yang semakin naik angkanya di Sumbar. Ia menilai pemerintah daerah perlu membuat langkah-langkah strategis dalam mencegah penularan COVID-19, terutama di daerah zona merah dan bisa menangani ini secara serius.

baca juga: Hari Kesaktian Pancasila, Staf Khusus BPIP Dorong Elite Politik Bersikap Dewasa Tentang Isu Ini

"Sehingga tidak terjadi peyebaran. Selain itu, kita mengajak masyarakat membangun kesadaran, jika ada gejala-gejala mari lakukan pemeriksaan, dan jika ada gejala maka lakukan isolasi secara mandiri di rumah dan memberitahukan kepada pihak sekitar sehingga bisa membantu kesembuhan kita semua. Membangun kesadaran diri untuk menguatkan diri," paparnya. (*)

Editor: Fitria Marlina