Pemprov Sumbar Masih Menunggu SK Pjs, Kabiro Organisasi: Idealnya Hari Ini Sudah Dilantik

Kepala Biro Organisasi Sumbar Iqbal Ramadi Payana
Kepala Biro Organisasi Sumbar Iqbal Ramadi Payana (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir)

PADANG, KLIKPOSITIF - Kepala Biro Pemerintahan Setdaprov Sumbar, Iqbal Ramadi Payana mengatakan, saat ini Pemprov masih menunggu Surat Keputusan (SK) dari Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk Pjs kepala daerah yang ikut Pilkada tahun 2020.

"Sampai hari ini kami masih menunggu SK dari Kemendagri. Idealnya kementrian sudah mengeluarkan SK sehingga nama-nama yang rela diajukan dan disetujui dikukuhkan," katanya saat dihubungi KLIKPOSITIF , Jumat, 25 September 2020 di Padang.

baca juga: Nasrul Abit Bakal Perjuangkan Nasib Petani Gambir

Iqbal menjelaskan, ada 13 daerah yang ikut Pilkada tahun ini, ditambah 1 di provinsi jadi ada 14. Dari jumlah tersebut ada kepala daerahnya yang ikut, ada juga wakilnya ikut Pilkada. Kondisi terakhir ada 8 pejabat daerah yang ikut Pilkada, dan gubernur sudah mengusulkan 24 nama ke Kemendagri untuk menjadi Pjs.

"Masing-masing daerah diusulkan tiga nama ke kementrian," kata dia.

baca juga: Beberkan Trik Berbisnis di Tengah Pandemi, Audy Joinaldy: Coba Usaha Berbasis Digital

Dia juga mengatakan, saat ini prosesnya sudah di Kemendagri, dan Pemprov menunggu SK. Kalau sesuai prosedur, harusnya hari ini sudah ada nama-nama tersebut dikirimkan oleh Kemendagri. Namun mungkin karena kondisinya saat ini, banyak yang work from home (wfh), jadi prosesnya agak terlambat.

"Tapi kami sudah memburu ke kementrian, melalui teman-teman penghubung di sana," sambungnya.

baca juga: Begini Keharuan Saat Korban Kerusahan Wamena Bertemu Nasrul Abit

Masa kerja Pjs dimulai dari tanggal 26 September sampai 5 Desember 2020. Pjs akan memimpin daerah tersebut selama masa kampanye, setelah kepala daerah mengajukan cuti.

Diketahui, pada Pilkada serentak 2020 ada 13 kabupaten dan kota di Sumbar yang ikut melaksanakan pesta demokrasi itu ditambah untuk Pilgub Sumbar . Daerah itu masing-masing Kota Bukittinggi, Solok, Kabupaten Solok, Dharmasraya, Sijunjung, Solok Selatan, Tanah Datar, Limapuluh Kota, Pasaman, Pasaman Barat, Agam, Padang Pariaman dan Pesisir Selatan.

baca juga: Strategi Nasrul Abit Stabilkan Harga Gambir

Sementara ada delapan daerah yang kepala daerahnya ikut Pilkada dan akan dipimpin oleh Pjs adalah Pasaman Barat, Agam, Padang Pariaman, Solok Selatan, Pesisir Selatan, Kota Bukittinggi dan Solok.

Editor: Joni Abdul Kasir