Pembatasan di Masa Pandemi, Jumlah TPS di Sumbar Bertambah

TPS di Sawahlunto
TPS di Sawahlunto (KLIKPOSITIF/Haikal)

PADANG, KLIKPOSITIF - Jumlah Tempat Pemungutan Suara ( TPS ) pada pilkada Desember tahun 2020 ini meningkat dari sebelumnya yakni 11.158 menjadi 12.543 TPS . Jumlah tersebut diperkirakan akan kembali bertambah setelah penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) nanti.

"Sebenarnya jumlah TPS pilkada saat ini tidak bisa juga dibandingkan dengan pileg sebelumnya karena persyaratan jumlah pemilih di TPS nya berbeda," kata Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumbar Nova Indra, Jumat, 25 September 2020 di Padang.

baca juga: Tak Terdaftar di DPT Tetap Bisa Memilih, Ini Persyaratannya

Nova Indra menjelaskan, pada pileg sebelumnya jumlah pemilih di TPS sebanyak 800 pemilih, namun dalam aturan PKPU saat kondisi Pandemi ini jumlah pemilih hanya diperbolehkan 500 orang per TPS .

Dari penetapan jumlah TPS termasuk DPS tersebut, jumlah TPS terbanyak berada di Kota Padang dengan 1.939 TPS , diurutan berikutnya ada Kabupaten Agam sebanyak 1.377 TPS , dan Kabupaten Pesisir Selatan dengan 1.099 TPS .

baca juga: KPU Sumbar Targetkan 77,5 Persen Pasrtisipasi Pemilih, Ini Pesan Pemerhati Politik

Sedangkan untuk jumlah yang paling sedikit, terdapat pada daerah Kota Padang Panjang dengan 123 TPS , dan Kota Solok dengan 125 TPS .

"Saat ini, kita terus melakukan perbaikan data pemilih, termasuk jika pemilih bertambah tentu akan berdampak pada jumlah TPS nantinya. Namun untuk angka pasti, pada Oktober mendatang, saat penetapan," tutupnya. (*)

baca juga: Bawaslu Rekrut 12.532 Pengawas Untuk TPS di Pilkada Sumbar, Ini Jadwal dan Syaratnya!

Editor: Joni Abdul Kasir