Soal Nomor Urut Pilkada Bukittinggi, Ini Cocoklogi Versi Para Pasangan Calon

Pengundian Nomor Urut Paslon
Pengundian Nomor Urut Paslon (Dina Amrina)

BUKITTINGGI , KLIKPOSITIF - KPU Bukittinggi baru saja menuntaskan salah satu tahapan yakni pengundian nomor urut pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota pada Kamis 24 September 2020.

Hasilnya, Ramlan Nurmatias-Syahrizal mendapat nomor urut 1. Erman Safar-Marfendi kebagian nomor 2, dan Irwandi-David Chalik mendapat jatah angka 3.

baca juga: Terkait Netralitas, 7 ASN Kabupaten Solok Dipanggil Bawaslu

Ketiga pasangan ini sumringah saat mendapat nomor urut masing-masing, dan saling mencocokkan nomornya sesuai dengan kejadian atau hal lain terkait angkanya. Netizen biasa menyebutnya Cocoklogi.

"Kami mencabut paling terakhir, Alhamdulillah tuhan memberikan nomor 1. Yang juara itu kan nomor 1,"sebut Ramlan penuh percaya diri.

baca juga: Hapal Al-Qur'an, Anak di Bukittinggi Dapat Umroh Gratis

Ramlan Nurmatias merupakan Wali Kota Petahana yang berpasangan dengan Syahrizal, Ketua LKAM Bukittinggi . Mereka maju lewat jalur independen.

Sementara, Erman Safar-Marfendi tak kalah semangatnya mendapat nomor urut 2. Menurut Ketua Gerindra Bukittinggi itu, angka 2 merupakan angka Prabowo pada Pilpres 2019. Prabowo dengan angka 2 menang telak di Sumbar dan ia mengkaitkannya dengan nomor urut yang diperolehnya.

baca juga: Dua Calon Wawako Tak Bisa Mencoblos di Bukittinggi, Ini Alasannya

"Salam dua jari, 2020 ganti Wali Kota,"kata Erman.

Erman Safar - Marfendi maju dalam koalisi besar gabungan Gerindra, PKS dan Golkar. Koalisinya berkekuatan 13 kursi atau 52 persen dukungan dari DPRD.

baca juga: Gubernur Sumbar: Seleksi MTQ Nasional Sudah Sesuai Aturan

Nomor urut terakhir, Irwandi-David Chalik. Pasangan Wakil Wali Kota Petahana dan Artis ini menyangkutkan angka 3 sebagai simbol kepemimpinan di Minangkabau yakni Tungku Tigo Sajarangan.

"Sebenarnya nomor urut itu sama. Namun, nomor 3 punya makna sebagai cermin dari Tigo Tungku Sajarangan dan Tali Tigo Sapilin,"ucap Irwandi.

Irwandi-David Chalik maju lewat gabungan PAN, Nasdem dan PKB dengan total 6 kursi.

Penulis: Hatta Rizal | Editor: Ramadhani