Wako Payakumbuh Minta Pelaksanaan Pilkada Patuhi Maklumat Kapolri

Ilustrasi.
Ilustrasi. (Ist)

PAYAKUMBUH , KLIKPOSITIF - Wali Kota Payakumbuh , Riza Falepi meminta piha-pihak yang terlibat pada perhelatan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 ini benar-benar memperhatikan protokol kesehatan.

Maklumat Polri Nomor: Mak/3/IX/2020 tentang Kepatuhan Terhadap Protokol Kesehatan Dalam Pelaksanaan Pemilihan Tahun 2020 yang ditetapkan pada 21 September lalu harus ditaati.

baca juga: Kapolres Payakumbuh: Operasi Zebra Singgalang 2020 Untuk Pendisiplinan Masyarakat Berkendara

"Keselamatan jiwa adalah yang paling utama, pakai masker, sering cuci tangan, jaga jarak, dan hindari kerumunan. Tidak melakukan arak-arakan, konvoi, dan sejenisnya. Pilkada 2020 aman dan sehat," kata Riza, Senin (25/9/2020).

Meski penerapan protokol kesehatan untuk Pilkada 2020 diperketat, Riza berharap angka partisipasi pemilih tetap tinggi sebagaimana pelaksanaan Pemilu 2019 lalu.

baca juga: Tetap Layani Warga Saat Pandemi, BPJS Kesehatan Payakumbuh Maksimalkan Layanan PANDAWA

"Harapan kami angkanya tetap tinggi seperti pemilu legislatif dan pemilihan presiden tahun lalu meski sekarang pada masa pandemi COVID-19," ujarnya.

Sebagai evaluasi, kata Riza, partisipasi pemilih pada Pemilu Legislatif dan Pemilihan Presiden 2019 mencapai angka di atas target, yaitu sebesar 77,5 persen.

baca juga: Investor Korea Akan Bangun Hotel Berbintang di Payakumbuh

Pemprov Sumbar dalam upaya untuk menyukseskan penyelenggaraan Pilkada 2020 telah melakukan beberapa hal, diantaranya menyelenggarakan sosialisasi dan menerbitkan beberapa Surat Edaran kepada bupati/wali kota penyelenggara Pilkada. (*)

Editor: Taufik Hidayat