Peserta Pilkada Tidak Mematuhi Protokol Kesehatan, Ini Langkah yang Akan Diambil Bawaslu Solsel

Ketua Bawaslu Solsel Muhammad Ansyar
Ketua Bawaslu Solsel Muhammad Ansyar (Kaka)

SOLSEL , KLIKPOSITIF - Bawaslu Solok Selatan memastikan tidak mentolerir setiap kegiatan kampanye yang mengabaikan protokol Kesehatan pencegahan dan pengendalian Covid-19.

Ketua Bawaslu Solsel Muhammad Ansyar mengatakan dalam PKPU nomor 13 tahun 2020 pasal 88 A disebutkan setiap penyelenggara pemilihan, pasangan calon, partai politik atau gabungan partai politik , penghubung pasangan calon, tim kampanye dan atau pihak lain yang terlibat dalam pemilihan Serentak lanjutan wajib melaksanakan Protokol Kesehatan pencegahan dan pengendalian Corona virus disease 2019 (Covid-19).

baca juga: Tanah Datar Kembangkan Bibit Bawang Merah Jadi Varietas Unggulan

"Paling kurang menggunakan masker yang menutupi hidung dan mulut hingga dagu", kata Muhammad Ansyar

Ansyar melanjutkan jika ditemukan ada pihak yang melanggar kewajiban Protokol Kesehatan akan diberikan peringatan tertulis pada saat terjadinya pelanggaran kepada yang bersangkutan agar mematuhi Protokol Kesehatan.

baca juga: Terkait Netralitas, 7 ASN Kabupaten Solok Dipanggil Bawaslu

"Jika peringatan tidak diindahkan, akan kami sampaikan kepada pihak kepolisian untuk ditindak sesuai dengan ketentuan yang berlaku, regulasi yang akan digunakan bisa saja UU tentang wabah", katanya.

Pihaknya menghimbau kepada semua peserta pilkada agar mematuhi protokol kesehatan dan tidak mengabaikannya.

baca juga: Denny dan Ruhut Sering Tampil Jadi Pembela Saat Jokowi Dikritik, Jerry Massie Beri saran Ini

Sekaitan pelaksanaan kampanye katanya, tidak ada lagi ketentuan yang mengatur diizinkannya rapat umum, yang diizinkan hanya kampanye rapat terbatas dan tidak boleh menghadirkan masa melebihi 50 orang.

"Sesuai PKPU 13 2020, kampanye rapat terbatas tetapi tidak boleh lebih dari 50 orang dan wajib mematuhi protokol kesehatan seperti penyediaan Hand sanitizer, memakai masker serta menjaga jarak atau social distance", katanya

baca juga: Tiga Pimpinan DPRD Bertemu Pjs Bupati Solsel, Ini yang Dibahas

Penulis: Kamisrial | Editor: Eko Fajri