Perbincangan Presiden Jokowi dengan Dokter Paru Terpapar COVID-19

Presiden Jokowi
Presiden Jokowi (Ist)

KLIKPOSITIF - Presiden Joko Widodo membagikan momennya ketika mendengarkan curahan hati seorang dokter paru, dr Faisal Rizal Mantondang melalui sebuah panggilan video.

Momen tersebut kemudian ditayangkan lewat kanal YouTube Sekretariat Presiden, Minggu (27/9/2020). Dalam video itu, Presiden Jokowi mendengarkan curhatan dokter Faisal yang baru kembali bertugas usai sembuh dari infeksi virus corona.

baca juga: Masyarakat Sumbar akan Divaksin COVID-19? Gubernur Minta Disosialisasikan Dulu

Diketahui, Dokter Faisal adalah salah satu dokter yang menangani pasien Covid-19 di RSPI Sulianti Saroso, Jakarta Utara. "Dokter Faisal lagi di mana? Sepertinya sedang tidak bertugas?" tanya Presiden Jokowi dalam sambungan video call tersebut.

Dokter Faisal lantas menjelaskan kegiatan perdananya usai menjalani perawatan akibt tertular Covid-19. "Hari ini saya pertama masuk, Pak, setelah menjalani perawatan. Saya terkena Covid, jadi saya sudah menjalani perawatan segala macam," tutur dokter Faisal.

baca juga: Terus Melonjak, Angka Positif Corona di Indonesia Sudah 385.980 Kasus

"Kemarin rontgen terakhir dan sudah di-swab. Saya dinyatakan sudah boleh bertugas. Jadi hari ini saya baru hari pertama bertugas," imbuhnya.

Presiden lalu menanyakan soal penanganan Vovid-19 di rumah sakit yang telah menjadi rujukan sejak awal kemunculan virus corona di Indonesia itu. "Kalau penanganan Covid-19 kami sesuai dengan arahan Kementerian Kesehatan, baik pengobatan maupun pemeriksaan-pemerisaannya," jawab Faisal.

baca juga: Inggris Uji Coba Tes Air Liur Untuk Deteksi Virus COVID-19

Kendati demikian, dokter Faisal juga melaporkan kurangnya tenaga lantaran pasian virus corona di Jakarta yang terus bertambah. "Alhamdulillah semuanya ada Pak, untuk obat juga tersedia. Tenaga mungkin masih tetap kurang. Pasien makin bertambah," imbuh dokter Faisal.

Dokter berkacamata ini kemudian menceritakan bagaimana pasiennya sering mengeluh bosan selama diisolasi. Ia lantas mengajak para pasiennya bercanda ketika memeriksa mereka meski dari balik APD. "Terakhir itu saya kasih semangat buat pasien supaya pasien tetap berpikir positif untuk dapat hasil negatif swab-nya," ujar dokter Faisal.

baca juga: Rencana Vaksinasi COVID-19 pada Minggu kedua November Terancam Molor

Menyimak cerita itu, Presiden Jokowi memberikan dukungannya kepada tenaga kesehatan tersebut. "Saya bisa bayangkan betapa sangat beratnya bertugas menangani Covid ini," kata Jokowi.

Lebih lanjut, dokter Faisal kemudian mengingatkan agar masyarakat tetap menjaga diri dan disiplin mencegah covid-19. "Tetap jaga sesuai protokol kesehatan, pakai masker, mencuci tangan, menghindari berkumpul-kumpul. Mudah-mudahan kita bisa lewati pandemi ini," pesan Faisal.

Presiden pun mengucapkan terima kasih kepada dokter Faisal dan seluruh tenaga kesehatan di Indonesia yang selalu berjuang menangani pasien covid-19. "Saya sangat menghargai, sangat mengapresiasi, apresiasi yang tinggi pada dokter Faisal dan seluruh dokter di seluruh rumah sakit di negara kita di Indonesia, Saya bisa merasakan betul betapa sangat beratnya bertugas, berjuang dalam rangka menangani pasien yang terkena COVID, karena memakai masker yang panas, kita pakai masker saja kadang nggak kuat, apalagi pakai APD," ucap Jokowi.

Editor: Fitria Marlina