KPU Pessel Belum Tetapkan Besaran Dana Kampanye Peserta Pilkada 2020

Ilustrasi
Ilustrasi (Net)

PESSEL , KLIKPOSITIF - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pesisir Selatan ( Pessel ), Sumatera Barat, hingga kini belum menetapkan besaran anggaran dana kampanye peserta pemilihan pada Pilkada 2020.

Ketua KPU Pessel , Epaldi Bahar mengungkapkan, saat ini masih dalam proses. Sebab, ada sejumlah metode yang dilalui dan ketentuan yang menjadi acuan untuk menetapkan besaran dana kampanye tersebut.

baca juga: Selama Cuti Bersama, Pemkab Pessel Wajibkan Warganya Lakukan Tes PCR dan Swab Sepulang Luar Daerah

"(Masih) sedang proses," ungkap Epaldi Bahar pada KLIKPOSITIF , Senin 28 September 2020.

Ia menjelaskan, pengaturan dan penetapan besaran dana kampanye diatur dalam Peraturan KPU nomor 5 tahun 2017. Di sana selain diatur teknisnya, juga diatur orang dan badan swasta yang memberi sumbangan.

baca juga: Pasien Positif COVID di Pessel Bertambah 5 Orang

"Kalau perorangan itu maksimal Rp75 juta, kalau partai politik atau gabungan partai politik, badan swasta dan kelompok itu Rp750 juta," terangnya.

Diketahui besaran anggaran dana peserta pemilihan pada Pilkada 2015 mencapai Rp3,5 miliar. Sedangkan tahun ini belum dipastikan karena masih proses.

baca juga: Inovasi Pelayanan Kesehatan RSUD Painan Saat Pandemi

Sementara untuk jadwal penyerahan, laporan penerimaan sumbangan dana kampanye (LPSDK) Pilkada ditentukan KPU Pessel pada 31 Oktober 2020. Sedangkan untuk laporan penerimaan dan pengeluaran dana kampanye (LPPDK) pada 6 Desember 2020.

Penulis: Kiki Julnasri | Editor: Haswandi