Gempa M=4.6 Guncang Pasaman Barat

Peta lokasi gempa
Peta lokasi gempa (BMKG)

PADANG, KLIKPOSITIF - Sekitar pukul 23:26 WIB pada Senin 28 September 2020 malam tadi, wilayah Pasaman Barat, Sumbar, diguncang gempa tektonik.

Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi ini memiliki parameter dengan magnitudo M=4.6. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 0.25 LU dan 99.53 BT atau tepatnya berlokasi di darat pada 17 kilometer Timur Laut Air Bangis, Pasaman Barat, Sumbar, pada kedalaman 79 kilometer.

baca juga: Gempa Magnitudo 7,5 di Alaska, BMKG: Tidak Berpotensi Tsunami di Indonesia

Gempa ini tergolong gempa kecil, dan dari rilis BMKG disebutkan bahwa guncangan gempa bumi ini dirasakan oleh sebagian warga di Pasaman Barat, Padang Pariaman, dan Pariaman dengan skala intensitas II MMI. Magnitudo gempa yang tidak terlalu besar serta terjadi pada saat sebagian besar warga telah tertidur membuat gempa ini tidak banyak dirasakan oleh warga.

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut.

baca juga: Gempa Guncang Pagai Selatan Mentawai, Dirasakan Hingga ke Padang

Kepala Stasiun Geofisika Padang Panjang, Irwan Slamet dalam rilisnya menyatakan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah akibat aktivitas intraplate lempeng Indo-Australia yang menunjam ke bawah Lempeng Eurasia

Menurutnya, hingga 28 September 2020, pukul 23:54 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan belum ada aktivitas gempa bumi susulan (aftershock).

baca juga: Waspadai Potensi Hujan Lebat di Indonesia

Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya, serta menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa .

Editor: Haswandi