Audy Joinaldy Ajak Milenial Kenal Minangkabau dari Buku

Audy Joinaldy di Payakumbuh
Audy Joinaldy di Payakumbuh (Ist)

KLIKPOSITIF -- Calon Wakil Gubenur Sumatera Barat (Sumbar), Audy Joinaldy yang ditemani oleh Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPRD) Kota Payakumbuh Edward DF dari Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Mustafa dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) bersilaturahmi ke Kantor Kerapatan Adat Nagari (KAN), Koto Nan Gadang, Kecamatan Payakumbuh Utara, Kota Payakumbuh.

Sambutan hangat dari ketua dan petinggi pemangku adat Koto Nan Gadang menyambut kedatangan pria yang bergelar Datuak Rajo Pasisia Alam ini.

baca juga: Bertemu Produsen Ratu Buah Sumbar, Audy Joinaldi Bahas Terkait Rencana Ekspor Buah

Sosok Milenial Minang, Audy Joinaldy membawa harapan segar bagi para pemangku adat. Para tokoh adat ini berharap agar Audy dapat menarik perhatian generasi Milenial mengenal budaya adat Minangkabau kembali.

Wakil Ketua KAN Koto Nan Gadang, Jon Anandri Datuak Lelo Sati resah dengan keadaan generasi Milenial saat ini. Ia mengatakan generasi muda saat ini kurang memahami adat budaya Minangkabau.

baca juga: Audy Joinaldy Bertekad Jadikan Sumbar Lumbung Jagung dan Beras Nasional

"Saya melihat generasi muda saat ini kurang mengerti adat istiadat minang kabau. Minangkabau sendiri terdiri dari tiga luhak dan delapan rantau," keluh Jon.

Mendengar keluh kesah tersebut, Audy berencana memberikan sebuah buku yang telah memperkenalkannya tentang adat budaya Minangkabau. Buku yang berjudul 'Minangkabau' tersebut rencananya akan ia bagikan ke perpustakaan tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA).

baca juga: Kunjungi Pasar Tradisional di Solsel, Audy Bagikan Masker pada Masyarakat

"Saya memiliki buku yang berjudul 'Minangkabau', buku tersebut memiliki bahasa yang mudah dimengerti. Buku ini bagus nantinya disebar ke perpustakaan SD,SMP dan SMA," ungkap akademisi ini.

Audy juga memberikan beberapa masker berwarna hijau yang bergambar pasangan calon Gubernur (Cagub) dan Wakil Gubernur (Cawagub) nomor urut 4, Mahyeldi- Audy Joinaldy ke ketua dan pemangku adat yang hadir.

baca juga: Kagumi Sosok Audy, Ajo Buset: Dia Sosok Sederhana yang Pandai Bergaul

Usai berdiskusi mengenai sejarah tentang Minangkabau hingga permasalah generasi muda Minangkabau saat ini, Audy dan para pemangku adat foto bersama di depan Kantor KAN, Koto Nan Gadang. (*)

Editor: Pundi F Akbar