WHO Peringatkan Jumlah Korban Pandemi Saat Ini Bisa Lebih Kecil dari Angka Sebenarnya

WHO
WHO (net)

KLIKPOSITIF - Organisasi kesehatan dunia WHO mengungkapkan jumlah total kematian resmi global akibat COVID-19 kemungkinan lebih kecil dari jumlah yang sebenarnya. Menurut pejabat WHO , jumlah kematian di seluruh dunia akibat penyakit virus corona itu saat ini sebenarnya sudah mencapai di atas satu juta.

"Jika ada, jumlah yang dilaporkan saat ini mungkin mencerminkan perhitungan yang keliru baik menyangkut individu yang terinfeksi COVID-19 atau pun korban meninggal karenanya," kata pakar senior kedaruratan WHO , Mike Ryan, saat konferensi pers di Jenewa.

baca juga: Banyak Masyarakat Tak Percaya, Ketua Satgas: Covid-19 Bukan Konspirasi

"Ketika Anda menghitung apa pun, Anda tidak dapat menghitungnya secara sempurna, namun saya pastikan bahwa jumlah saat ini kemungkinan lebih kecil dari jumlah korban COVID-19 yang sesungguhnya," katanya dilansir dari Reuters.

Jumlah kematian global akibat virus corona telah mendekati 1 juta orang. Organisasi Kesehatan Dunia ( WHO ) mengatakan bahwa bukan tidak mungkin jumlah itu bisa berlipat ganda jika negara-negara tidak bekerja sama untuk menekan penyebaran virus.

baca juga: Produknya Diboikot, Pemimpin-pemimpin Eropa Beri Dukungan Presiden Prancis

"Ini tentu tidak terbayangkan, tetapi bukan tidak mungkin," kata Direktur Eksekutif Program Kedaruratan Kesehatan WHO , Dr Mike Ryan, dikutip CNBC International Sabtu (26/9/2020).

Editor: Ramadhani