Satpol PP Padang Tindak 15 Pelanggar Perwako

Petugas Satpol PP Padang memasangkan rompi kepada masyarakat yang melanggar Protokoler Kesehatan
Petugas Satpol PP Padang memasangkan rompi kepada masyarakat yang melanggar Protokoler Kesehatan (Satpol PP Padang)

PADANG , KLIKPOSITIF - Sebanyak 15 orang pelanggar Peraturan Wali Kota (Perwako) nomor 49 tahun 2020 kembali ditindak, karena tidak melaksanakan protokol COVID-19, Selasa 29 September 2020.

"Dalam Operasi Yustisi kali ini, Tim gabungan mendapati 15 orang pelanggar Perwako Nomor 49 Tahun 2020 tentang Pola Hidup Baru dalam masa Pandemi di Kota Padang ," kata Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP) Kota Padang , Alfiadi.

baca juga: 74 Pasien COVID-19 di Pessel Dinyatakan Sembuh, Jubir: Hari Ini Terbanyak

Ia mengatakan, setelah didata oleh PPNS, mereka langsung diberi sanksi kerja sosial membersihkan fasilitas umum dan jalan. "Sepertinya masyarakat sudah mulai patuh dan taat terhadap aturan," lanjutnya.

Selain mendata masyarakat yang tidak mengunakan masker, Satpol PP Padang juga melakukan peneguran bagi warga yang membawa masker namun tidak memakainya dengan baik dan benar.

baca juga: WHO: Jangan Menyerah Lawan Pandemi

"Kebanyakan yang kami dapati dalam operasi Yustisi hari ini, rata rata mereka semua membawa masker namun mereka enggan untuk memakainya, kami akhirnya melakukan teguran," katanya.

Tidak hanya itu, pihaknya juga menegur masyarakat yang sengaja memakai masker dengan cara yang tidak benar seperti memakai masker di bawah dagu," lanjutnya.

baca juga: Pasien Positif COVID yang Meninggal Bertambah di Pessel, Total Jadi 17 Orang

"Selain itu kami juga memberikan sanksi terhadap warga yang memiliki masker namun diletakkan di dalam saku," sambungnya.

Ia berharap, masyarakat Kota Padang benar-benar bisa mematuhi aturan yang berlaku untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kota Padang .

baca juga: Seorang Anggota DPRD Pasaman Barat Positif Corona

"Masker bisa menyelamatkan kita dari wabah virus korona, bukan menyelamatkan kita dari razia, jadi saya harapkan kepada masyarakat Kota Padang , sebagaimana yang sudah diintruksikan oleh Pemerintah Kota Padang , mari bersama-sama kita putus mata rantai penyebaran Covid-19 ini, agar Kota Padang kembali kepada keadaan yang normal kembali," tutupnya.

Penulis: Halbert Caniago | Editor: Haswandi