Tak Perlu Ke Kelok HP, Siswa di Sungai Guntung Sudah Bisa Akses Internet di Rumah

Siswa di Kelok HP
Siswa di Kelok HP (KLIKPOSITIF/Hatta Rizal)

AGAM , KLIKPOSITIF - Siswa di Jorong Sungai Guntuang, Nagari Pasia Laweh, Kecamatan Palupuah , Agam -Sumbar saat ini sudah bisa mengakses internet dari rumah mereka masing-masing.

Sebelumnya, untuk mengakses internet dalam mengikuti sekolah daring, siswa mesti menempuh perjalanan berkilometer menuju sebuah lokasi bernama Kelok HP. di puncak bukit itulah satu-satunya tersedia sinyal internet. Hal ini kemudian sempat menjadi viral di media sosial.

baca juga: Update COVID-19 di Agam, Pasien Sembuh Sebanyak 624

Sekda Agam Martiaswanto mengatakan, lancarnya akses internet ini dikarenakan sudah beroperasinya Tower Compact Mobile Base Station (Combat) Portable milik Telkomsel yang diusulkan Pemda Agam . Tower ini berdiri di Kelok HP.

"Tower portable Telkomsel di Sungai Gantuang telah beroperasi, jaringan internet sudah bisa diakses dengan mudah hingga radius 5 kilometer," ujar Martiaswanto, Selasa 29 September 2020.

baca juga: Hari Pertama Operasi Yustisi di Agam, 49 Orang Terjaring

Beberapa waktu lalu, katanya, pihak Telkomsel lewat PT Kisel Pekanbaru datang ke lokasi dan mendirikan tower combat. Lantas, Bupati Agam Indra Catri pun melakukan peninjauan ke lokasi sehingga pengerjaan pun langsung dikebut dan bisa selesai dengan cepat.

"Beroperasinya tower tersebut, katanya lagi, sebagai upaya pemerintah dalam memfasilitasi masyarakat, terutama pelajar dan mahasiswa untuk mendapatkan jaringan internet, dalam mengikuti pembelajaran jarak jauh dengan sistem daring di masa pandemi COVID-19," ucap Sekda.

baca juga: Erosi Batang Agam, Bikin Petani di Baso Kehilangan Sawahnya

Sementara, Wali Nagari Pasia Laweh Zul Arfin mengatakan, siswa atau pelajar sudah bisa mengakses internet sejak seminggu terakhir. Ada seratusan siswa hingga mahasiwa yang terbantu dengan hadirnya tower itu.

"Tak ada lagi yang ke Kelok HP. Kata orang Telkomsel ini kan sifatnya sementara, tentu kita harap Pemerintah bisa mempermanenkannya," ucap Wali Nagari.

baca juga: Ada Destinasi Baru di Bukik Batabuah, Panorama Tabek Gadang yang Indah

Penulis: Hatta Rizal | Editor: Haswandi