Cerita Pelajar Kampung Dilan dengan Adanya Program TMMD di Pessel

Personel TMMD saat sosialisasi protokol kesehatan di Pancung Taba
Personel TMMD saat sosialisasi protokol kesehatan di Pancung Taba (istimewa)

PESSEL , KLIKPOSITIF - Kehadiran program Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) 109 di Nagari Pancung Taba, Kecamatan IV Nagari Bayang Utara, Kabupaten Pesisir Selatan ( Pessel ), Sumatera Barat disambut bahagia warga. Tidak hanya para orang tua, namun juga para pelajar, khususnya di Kampung Dilan.

Salah satunya M. Ikbal Fajri (16), siswa kelas X Madrasyah Aliyah Negeri (MAN) Koto Berapak. Ia mengaku, sangat bangga dengan ada TMMD, salah satunya di Kampung Dilan. Sebab, dengan adanya TMMD suasana kampung menjadi terasa ramai dan bisa berbaur akrab dengan TNI .

baca juga: Usung Program Kerakyatan, Masyarakat Pasar Gadang Pancung Soal Pessel Dukung Fakhrizal-Genius Umar Pimpin Sumbar

Kampung Dilan adalah merupakan bagian dari wilayah Nagari Pancung Taba. Selain memiliki topografis berada dari atas ketinggian laut, kampung ini juga jauh dari sarana transportasi. Berjarak sekitar 30 kilometer dari pusat Kecamatan.

"Ya, saya sebagai pelajar sangat bangga. Apalagi, pak tentara-nya baik-baik, ramah-ramah. Banyak mengajarkan kami tentang hal baru," ungkapnya.

baca juga: Di Pesisir Selatan Indra Catri Diminta Perbaiki Rumah Zaini Zen

Ia menjelaskan, sejauh dengan adanya kemanunggalan tentara di Nagari Pancung Taba, banyak kegiatan sosial yang terlaksana. Bahkan kegiatan olahraga rakyat-pun ikut aktif dan membuat kampung selalu ramai.

"Setiap hari ada kegiatan, kami sangat senang. Sebab, sejauh cukup lengang. Tapi, sejak tentara masuk, kampung kami menjadi ramai. Seperti olahraga seluruh menjadi hidup," jelasnya.

baca juga: Masyarakat Sumbar akan Divaksin COVID-19? Gubernur Minta Disosialisasikan Dulu

Ia berharap, dengan adanya program TMMD, pembangunan di kampungnya bisa lebih gencar lagi. Selama ini, masih minim infrastruktur jalan. Kini sudah mulai terbuka.

"Sehingga kami dapat pergi dan pulang sekolah tidak merasa kwatir karena melewati medan yang cukup curam," ujarnya.

baca juga: Sudah Lama Mangkrak, Andre Rosiade Lanjutkan Pembangunan Masjid di Lunang Pessel

Lanjutnya bercerita, dengan minimnya infrastruktur jalan selama ini. Meski dalam satu kecamatan, tetap harus kos untuk sekolah. Namun, dengan telah adanya jalan itu, kedepannya akan lebih mudah melalui dan kemungkinan tidak kos lagi.

"Dengan begitu kami tidak mengeluarkan lagi biaya tambahan untuk mengontrak rumah, dan kami sangat berterima kasih. Sebab, selain kos banyak juga kami di panti asuhan," terangnya.

Sebelumnya, Dandim 0311 Pessel , Letkol Inf Gamma Artadila Sakti mengungkapkan, pelaksanaan TMMD ke 109 ini dibuka 22 September hari ini, dan berlanjut hingga 21 Oktober 2020.

Sesuai target program, Satgas TMMD bakal membuka jalan akses 7,9 kilometer dari Pancung Taba-Kampung Dilan. Selain itu, juga adakegiatan fisik lainya, salah satunya bantuan program bedah RTLH dari Baznas Pemkab Pessel , yang mendapat bantuan sebanyak 5 RLTH.

"Sementara itu panjang jalan yang dibuka dari titik 0, dari Nagari Pancung Taba ke Kampung Dilan sepanjang 3,7 kilometer. Sedangkan 4,2 kilometer dari Kampung Dilan ke Limau Gadang," ujarnya.

Letkol Inf. Gamma Artadila Sakti berpersan, agar personel agar selalu menjaga kesehatan dengan memperhatikan protokol kesehatan.

"Semoga kegiatan ini nantinya berjalan lancar dan sukses. Tentunya, dengan dukungan seluruh masyarakat serta steakholder terkait," tutupnya.

Penulis: Kiki Julnasri | Editor: Ramadhani