Ketua DKPP: Pilkada 9 Desember 2020 Bukan Harga Mati

Ketua DKPP RI Muhammad
Ketua DKPP RI Muhammad (Klikpositif/Haikal)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu ( DKPP ) Republik Indonesia, Muhammad mengatakan, penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada 9 Desember 2020 nanti bukan harga mati.

Hal itu bisa saja ditunda kembali dengan melihat perkembangan dan situasi COVID-19.

baca juga: Selama Tahapan Pilkada 2020, DKPP Sudah Terima Ratusan Aduan Masyarakat

Ia menuturkan, yang menjadi dasar pertanyaan saat ini atau pertanyaan kita semua kapan pandemi ini berakhir?, sementara roda pemerintahan ini harus terus berjalan.

"Menurut saya, 9 Desember itu bukan harga mati, Pemerintah melihat terus perkembangan situasi," katanya dalam acara Ngobrol Etika Penyelenggara Pemilu dengan Media (Ngetren Media) di Padang, Selasa (29/9/2020) malam.

baca juga: Sidang Dugaan Pelanggaran Kode Etik KPU dan Bawaslu Sumbar, DKPP Fokus pada Aduan Formulir BA5.1-KWK

Ia menambahkan, kalau situasi COVID-19 ini terus mengkhawatirkan sebelum tanggal yang telah ditentukan, Pemerintah tidak akan ragu untuk menunda. "Tentunya dengan rekomendasi penyelenggara Pemilu," ujarnya.

Diketahui, Pilkada serentak 2020 pada 9 Desember 2020 nanti akan digelar di 9 Provinsi dan 270 kabupaten dan kota. Sementara di Sumbar sendiri Pilkada yang akan digelar sebanyak 14 dengan rincian, 1 Pilkada Gubernur dan 13 Pilkada di Kabupaten dan Kota.

baca juga: Pencopotan Ketua KPU Bukittinggi Tak Pengaruhi Persiapan Pilkada

Editor: Muhammad Haikal