Kampanye, Paslon Erick Hariyona - Syawal Prioritaskan Pendidikan dan Agama

Calon Bupati Pasaman Barat, Erick Hariyona (baju putih) didampingi anggota DPRD Pasaman Barat Wasman saat bersilaturrahmi dengan masyarakat Lubuk Sianok di Nagari Kapa
Calon Bupati Pasaman Barat, Erick Hariyona (baju putih) didampingi anggota DPRD Pasaman Barat Wasman saat bersilaturrahmi dengan masyarakat Lubuk Sianok di Nagari Kapa (Irfansyah Pasaribu)

PASBAR , KLIKPOSITIF - Calon Bupati Pasaman Barat, Erick Hariyona dalam kampanyenya mengungkapkan jika terpilih memimpin daerah itu lebih mengutamakan pendidikan yang berlandaskan agama.

Hal itu disampaikan pasangan dari Calon Wakil Bupati Pasaman Barat Syawal itu saat bersilaturrahmi dengan masyarakat di Nagari Kapa, Kecamatan Luhak Nan Duo.

baca juga: Usung Program Kerakyatan, Masyarakat Pasar Gadang Pancung Soal Pessel Dukung Fakhrizal-Genius Umar Pimpin Sumbar

"Saya melihat peringkat pendidikan Pasaman Barat di tingkat provinsi Sumatera Barat berada di urutan nomor tiga di belakang," sebut calon Bupati termuda di Pilkada Pasaman Barat itu, Rabu (30/9/2020).

Ia mengatakan dirinya maju mencalonkan diri di Pilkada Pasaman Barat salah satu alasannya adalah pendidikan dan agama. Bagi dia pendidikan dan agama adalah tiang utama untuk kemajuan suatu daerah.

baca juga: Masyarakat Sumbar akan Divaksin COVID-19? Gubernur Minta Disosialisasikan Dulu

"Daerah kita ini sudah berdiri selama 16 tahun, tentu ini membuat saya sangat prihatin dan ingin mengutamakan pendidikan dan agama di Bumi Mekar Tuah Basamo ini," katanya di hadapan masyarakat Nagari Kapa.

Erick menilai sejauh ini arah Pasaman Barat tidak tahu entah kemana. Sehingga kata untuk daerah petro dollar yang disebut untuk Pasaman Barat tidak pas jika pendidikan dan agamanya jauh dari harapan.

baca juga: Bawaslu Solsel: Dari 126 Kegiatan Kampanye, Satu Dibubarkan

Untuk itu diterangkannya dirinya hadir dan maju agar bisa memberikan jalan dan solusi. Sebab kata dia, jalan dan solusi hanya bisa dilaksanakan ketika bisa memimpin.

"Sebagus apa pun solusi yang kita miliki jika tidak bisa menjadi eksekutor (pengambil kebijakan), maka solusi itu hanya khayalan belakaa," terangnya.

baca juga: Panwascam Solsel Harapkan Hal Ini dari Masyarakat dalam Pilkada

Dijelaskan Erick, jika nanti ia diberikan amanah oleh rakyat untuk memimpin Pasaman Barat, dirinya akan mendirikan Perguruan Tinggi Negeri di Pasaman Barat.

"Ini solusi dan termasuk menyelesaikan masalah pendidikan dan berkaitan dengan ekonomi masyarakat Pasaman Barat, sehingga para generasi penerus tidak keluar daerah lagi untuk menuntut ilmu," ungkapnya.

Disamping itu ia juga mengungkapkan kenapa dirinya maju berpasangan dengan ulama. Baginya peran ulama sangat penting untuk nilai agama, maka dari itu ia dari awal memginginkan ulama yang menjadi pasangannya.

"Saya dari awal menginginkan berpasangan dengan ulama. Bagi saya ulama itu orang paling saya hormati setelah orang tua. Untuk itu saya tidak menginginkan nilai-nilai agama itu pudar di Pasaman Barat ini," ungkapnya.

"Mohon doakan kami dan berikan kami dukungan sehingga apa yang kita cita-citakan bersama bisa terwujud di Pasaman Barat ini. Tujuan kita tidak lain demi Pasaman Barat yang memiliki generasi penerus yang cerdas dengan dilandasi agama," sambungnya.

Ia juga menambahkan jika mereka diamanahkan, pasangan ini telah sepakat akan menggratiskan seluruh pembayaran listrik dan Air untuk tempat-tempat ibdah yang ada di Pasaman Barat dan sarana agama lainnya.

Sementara salah seorang masyarakat Nagari Kapa, Erwin menyebutkan mereka sangat mendukung dan memang dari dulu menginginkan program itu bisa terlaksana.

"Baru kali ini kita mendengar ada calon Bupati yang sangat perhatian dengan pendidikan dan agama. Kita ingin pasangan ini menang, selain muda dan energik, calon Bupati kita ini memikirkan masa depan anak-anak kita," sebutnya.

Selain itu ia juga menilai, pasangan ini mempunyai jaringan yang sangat kuat di nasional dengan itu tentunya sangat membantu program-program pembangunan Pasaman Barat kedepannya.

"Kami menilai Bapak Erick mempunyai jaringan yang tidak diragukan lagi ditingkat nasional. Kami minta nilai pendidikan di Pasaman Barat harus ditegakkan dan selain itu memperjuangkan taraf ekonomi masyarakat," imbuhnya.

Seperti diketahui pasangan Erick Hariyona - Syawal dalam pengambilan bola nomor urut mendapat nomor urut 3 dari lima pasangan calon yang berkompetisi dalam Pilkada 2020 Pasaman Barat.

Pasangan Erick Hariyona - Syawal ini diusung sebanyak empat partai politik diantaranya Partai Golkar (5 kursi), PPP (2 kursi) PKB (2 kursi) dan Partai Perindo (1 kursi). Jadi total kursi sebanyak 10 kursi di DPRD Pasaman Barat.

Penulis: Irfansyah Pasaribu | Editor: Ramadhani