DPRD Sumbar Tunggu SK PAW 9 Anggota Dewan Maju Pilkada Serentak 2020

Kantor DPRD Sumbar
Kantor DPRD Sumbar (Istimewa)

PADANG, KLIKPOSITIF - Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Sumatera Barat (Sumbar) Raflis mengatakan, hingga saat ini pihaknya masih menunggu surat balasan dari KPU Sumbar untuk menetapkan calon Pengganti Antar Waktu ( PAW ) sembilan anggota dewan yang mengundurkan diri dan maju di Pilkada serentak 2020.

"Berdasarkan penetapan calon oleh KPU, kita sudah menyurati partai masing-masing, dan KPU Sumbar. Sekarang kita menunggu surat balasan itu," kata Raflis, Rabu 30 September 2020 di Padang.

baca juga: Gubernur Sumbar Kunjungi Agam, Cek Kesiapan Pilkada 2020

Sebelumnya sembilan anggota dewan yang maju pada pilkada serentak Desember tahun ini sudah memasukkan surat pengunduran diri mereka. Sekretariat DPRD langsung memberikan surat tanda terimanya.

Secara alur, setelah keluar SK dari KPU baru anggota dewan tersebut berhenti secara regulasi. Nantinya, KPU mengusulkan nama-nama ke DPRD calon legislatif nomor urut setelah yang mundur (suara terbanyak dibawah anggota dewan yang mundur), dengan melampirkan berita acara perolehan suara dari partai dan dapil yang sama.

baca juga: Dinilai Terbuka Dalam Segala Hal, Ketua DPRD Sumbar Terima AMP

Saat dihubungi, Anggota KPU Sumbar Izwaryani membenarkan bahwa KPU Sumbar sudah menerima surat dari DPRD Sumbar terkait pengunduran diri anggota dewan . Namun saat ini, pihaknya masih menunggu jika ada terjadi perubahan-perubahan aturan.

"Kita sedang menunggu jika ada perubahan-perubahan aturan, nanti setelah itu baru diproses, paling lambat hari Kamis depan. Tapi jika nanti ada yang perlu diklarifikasi, maka bisa lebih dari hari Kamis. Kalau ada tanggapan dari masyarakat, perlu diklarifikasi maka kami akan Klarifikasi dulu," jelasnya.

baca juga: Irwan Prayitno: Pilkada Berintegritas, Adil Dan Jujur Perlu Dihebohkan

Diketahui, sembilan anggota DPRD Sumbar yang mengundurkan diri dan maju di Pilkada serentak Desember 2020 diantaranya Darman Sahladi (fraksi Demokrat yang maju sebagai bakal calon bupati di Pilkada 50 Kota). Kemudian Benny Utama dan Sabar AS yang menjadi pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati di Pilkada Pasaman.

Selanjutnya, Hamdanus dari fraksi PKS maju sebagai calon wakil bupati di Pilkada Pesisir Selatan. Serta anggota DPRD Sumbar dari fraksi Golkar Zafaruddin Dt Bandaro Rajo (Golkar) maju sebagai calon bupati di Pilkada 50 Kota.

baca juga: Pemprov dan DPRD Sumbar sepakati APBD Sumbar 2021 sebesar Rp6,73 Triliun

Selanjutnya, anggota DPRD Sumbar dari fraksi Gerindra Tri Suryadi maju sebagai calon bupati di Pilkada Padang Pariaman. Setelah itu ada Andri Warman dari fraksi PAN maju sebagai calon bupati di Pilkada Agam. Kemudian anggota DPRD Sumbar dari fraksi PAN Yosrizal maju sebagai wakil bupati di Pilkada Dharmasraya.

Editor: Joni Abdul Kasir