Pemerintah Telah Turunkan Dana Rp 68,2 Triliun untuk Puluhan Juta Rakyat Miskin

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF - Pemerintah telah mengucurkan total dana mencapai Rp 68,2 triliun untuk 80 juta rakyat miskin. Ketua Satgas Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan dana tersebut digelontorkan melalui program pemerintah yaitu keluarga harapan (PKH) sebanyak Rp 36,3 triliun untuk 10 juta keluarga dari pagu anggaran sebesar Rp 37,4 triliun.

"10 juta keluarga itu sekitar 40 juta rakyat termiskin di Indonesia. Selain itu ada, program kartu sembako sudah tersalurkan juga Rp 31,9 triliun disalurkan kepada 19,4 juta keluarga, penerima manfaat termasuk yang 10 juta penerima program PKH tadi atau kurang lebih kalau misalnya satu keluarga itu tadi dari 4 orang, kurang lebih sekitar 80 juta rakyat yang hidupnya di taraf ekonomi paling bawah sudah tersentuh oleh program pemerintah ini," ujar Budi dalam konferensi pers secara virtual,dilansir dari Suara.com.

baca juga: Nikon Indonesia Pamit, Ini Komentar Fotografer

Dia mengatakan pemerintah juga telah menyalurkan program bantuan sosial tunai non-Jabodetabek sebesar Rp 24,8 triliun yang mana sebanyak 9,2 juta orang akan menerima bantuan tersebut. "Kami juga sudah menyalurkan pemerintah melalui program kartu pra kerja untuk saudara-saudara kita yang dalam pandemi Covid 19 ini terkena dampak sehingga harus berhenti bekerja sudah disalurkan 19,46 triliun terhadap 5,48 juta penerima," ucap dia.

Kemudian, tutur Budi, pemerintah juga telah menyalurkan dana dalam program subsidi gaji Rp 600 ribu per bulan sebanyak Rp 14 triliun.

baca juga: Akhir Tahun Ini, 3 Juta Vaksin Corona dari China Masuk ke Indonesia

"Sedangkan beberapa program lain seperti program BLT dana desa dan program diskon listrik yang juga sudah disalurkan oleh teman-teman dari Kementerian lembaga dan juga oleh PLN," tutur dia.

Sementara itu, terkait penyaluran kredit ke UMKM, Budi menambahkan, pemerintah telah menempatkan dana ke perbankan sebesar Rp 59 triliun, sehingga perbankan tinggal menyalurkan ke UMKM. "Kami juga sudah meluncurkan program subsidi bunga kredit mikro yang telah direalisasikan sebesar Rp 2,97 triliun kepada 7,67 juta debitur UMKM," tukas dia.

baca juga: Perbanyak Perempuan Duduki Kursi Direksi BUMN, Ternyata Ini Alasan Erick Thohir

Editor: Ramadhani