165 Ribu Wisman Kunjungi Indonesia Sepanjang Agustus 2020, BPS: Bukan Liburan

ilustrasi
ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF - Badan Pusat Statistik ( BPS ) mencatat sepanjang Agustus 2020 jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ( Wisman ) yang datang ke Indonesia berjumlah 165 ribu orang.

Tapi kunjungan wisman ini bukan untuk liburan melainkan untuk keperluan bisnis . Hal tersebut dikatakan Kepala BPS Kecuk Suhariyanto dalam konferensi pers secara virtual, Kamis (1/10/2020).

baca juga: MotoGP Mandalika Beri Dampak Ekonomi, Menparekraf Siapkan Tiga Program

" Wisman yang masuk ke Indonesia ini untuk keperluan bisnis baik karena alasan tugas atau pekerjaan bukan Wisman yang leisure," kata Kecuk.

Kecuk mengatakan, akibat pandemi virus corona atau Covid-19 statistik jumlah kunjungan wisman yang datang ke Indonesia sangatlah terbatas.

baca juga: Bertambah, Korban Jiwa Gempa Sulbar Kini Jadi 56 Orang

Menurutnya, sejak April hingga Agustus pertumbuhan jumlah wisman sangat flat.

"Ini mengindikasikan bahwa recovery untuk Wisman ini akan Butuh waktu lama dan ini sangat tergantung kepada penanganan Kesehatan baik di Indonesia maupun di negara-negara lain," ucapnya.

baca juga: Ingkar Janji Saat Kampanye, Wali Kota Ini Diikat ke Pohon Oleh Warga

Sehingga secara tahunan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia di Agustus 2020 mengalami penurunan yang signifikan sebesar 89,22 persen dibandingkan dengan jumlah kunjungan pada Agustus 2019.

Sementara itu, jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya, Juli 2020, jumlah kunjungan wisman mengalami kenaikan sebesar 4,45 persen.

baca juga: Longsor di Manado, 5 Orang Meninggal Dunia

Sedangkan secara kumulatif (Januari--Agustus 2020), jumlah kunjungan wisman ke Indonesia mencapai 3,41 juta kunjungan atau turun 68,17 persen dibandingkan dengan jumlah kunjungan wisman pada periode yang sama tahun 2019 yang berjumlah 10,71 juta kunjungan.

Editor: Eko Fajri