Diguyur Hujan, Kampung di Pessel Ini Dilanda Banjir

Kondisi banir di Kampung Angsa Pancungsoal Pessel
Kondisi banir di Kampung Angsa Pancungsoal Pessel (istimewa)

PESSEL , KLIKPOSITIF - Diguyur hujan deras, sebagian kampung di Kabupaten Pesisir Selatan ( Pessel ), Sumatera Barat terendam banjir , Kamis 1 Oktober 2020. Salah satunya banjir merendam Kampung Angsa, Nagari Tigo Sungai, Kecamatan Pancungsoal.

Informasi yang diterima KLIKPOSITIF , banjir mulai menggenangi kampung ini sejak pukul 17.00 WIB. Hingga pukul 20.52 WIB, puluhan rumah, dan satu bangunan masjid di kampung itu masih tergenang air.

baca juga: Selama Cuti Bersama, Pemkab Pessel Wajibkan Warganya Lakukan Tes PCR dan Swab Sepulang Luar Daerah

"Ketinggian air diperkirakan di atas lutut orang dewasa, dan sampai saat ini masih bertahan," ungkap Doni Candra salah seorang warga setempat.

Selain merendam puluhan rumah dan bangunan masjid, banjir juga merendam lahan pertanian petani yang baru saja bercocok tanam.

baca juga: Pasien Positif COVID di Pessel Bertambah 5 Orang

"Air juga meluap di ruas jalan, tapi masih bisa dilalui, dan sawah petani yang baru mulai bercocok tanam juga terendam," terangnya.

Menurutnya, selain dipicu intensitas hujan sejak siang, banjir juga disebabkan luapan sungai karena kondisi batang sungai di daerah sudah belum pernah dinormalisasi.

baca juga: Inovasi Pelayanan Kesehatan RSUD Painan Saat Pandemi

"Hari ini yang terparah di sini. Sebelumnya, juga sering banjir tapi tidak sampai merendam rumah warga. Berkemungkinan, karena saluran sungai tidak lancar lagi," ujarnya.

Ia berharap, hujan untuk segera reda di daerah itu. Sebab, dikhawatirkan, jika tidak larut malam nanti banjir lebih luas lagi. "Karena, kondisi cuaca masih hujan," ulasnya.

baca juga: Demo UPJA di Gapoktan Batang Timbulun Taratak, Ini Keuntungan Panen Alsintan

Terpisah, Kasi Kedaruratan BPBD Pessel , Husnul Karim mengaku, saat dikonfirmasi belum mengetahui kejadian tersebut, dan akan segera menelusuri ke wali nagari setempat.

"Bagaimana perkembangannya nanti akan kita kabari lagi. Sekarang, kita masih merangkum sejumlah informasi bencana yang terjadi hari ini," tutupnya.

Penulis: Kiki Julnasri | Editor: Haswandi