Hari Batik Nasional, Kenali Motif Batik Populer di Indonesia

Sejumlah perajin batik Sembung Gallery sedang membatik di Lendah, Kulon Progo, Minggu (27/9/2020).
Sejumlah perajin batik Sembung Gallery sedang membatik di Lendah, Kulon Progo, Minggu (27/9/2020). (SuaraJogja.id/Hiskia Andika)

KLIKPOSITIF - Selamat Hari Batik Nasional 2020! Dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional hari ini (2/10/20), Suara.com (media jaringan KLIKPOSITIF .com) akan mengulas motif batik populer di Indonesiayang dirangkum dari berbagai sumber.

Salah satu daya tarik batik adalah motifnya yang beragam. Motif batik merupakan corak atau pola gambar yang membentuk satu kesatuan, dapat berupa hewan, manusia, geometris, dan kesatuan bentuk lainnya.

baca juga: Puluhan Orang di Pariaman Ikuti Diklat Batik Tulis

Pembuatan motif batik didasari pada kebudayaan suatu daerah yang memiliki makna dan cerita di dalamnya. Dapat dikatakan, motif-motif yang terdapat pada batik ini menunjukkan identitas dan ciri khas suatu daerah.

Hingga kini, terdapat ratusan motif batik yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Beberapa di antaranya sering kita jumpai sehari-hari. Berikut 8 motif batik yang populer di Indonesia.

baca juga: Unand Kembangkan Ragam Hias Naskah Kuno Menjadi Motif Batik

1. Batik Tujuh Rupa Pekalongan

Pekalongan merupakan salah satu daerah yang terkenal sebagai pusat penghasil batik . Terdapat berbagai motif batik yang dihasilkan di daerah ini. Ciri khas motif batik Pekalongan didominasi dengan tumbuh-tumbuhan dan hewan. Warna batik Pekalongan ini juga beragam, kebanyakan diantaranya berwarna cerah dan mencolok.

baca juga: Pendampingan LPPM Unand, Naskah Kuno Inspirasi Motif Baru Bagi Rumah Batik Tulis Salingka Tabek

2. Batik Bali

Batik Bali merupakan salah satu batik dengan motif yang cukup unik. Pasalnya, motif batiknya merupakan perpaduan antara motif tradisional dan modern. Cerita yang terdapat di dalam motif batik Bali didominasi oleh kisah para Dewa dan nuansa alam di Bali, seperti bunga kamboja, kembang sepatu, burung, ikan, serta kegiatan sehari-hari masyarakat Bali. Uniknya lagi, setiap pola yang terdapat dalam motif batik Bali ini tidak ada yang simetris.

baca juga: LPPM Unand Dampingi Rumah Batik Dewi Busana Lunang Kembangkan Motif Batik Berbasis Naskah Kuno

3. Batik Madura

Motif batik Madura memiliki ciri khas pada warnanya yang berani. Kebanyakan diantaranya memadukan warna hitam dengan warna-warna cerah, seperti merah dan kuning. Warna dan corak batik Madura sendiri terinspirasi dari alam sekitar, salah satunya adalah tumbuh-tumbuhan.

4. Batik Cirebon

Motif batik Cirebon yang populer adalah motif keraton dan pesisir. Motif keraton biasanya diambil dari ornamen-ornamen keraton dengan warna yang cenderung elegan. Sementara itu, motif pesisir didominasi oleh unsur tanaman dan hewan dengan corak warna yang lebih terang.

5. Kawung

Motif Kawung berasal dari Yogyakarta dan Surakarta. Motif batik yang diciptakan oleh Sultan Agung Adi Prabu Hanyakrakusuma ini memiliki filosofi terkait dengan hidup dan kehidupan masyarakat. Motif Kawung didasari bahan-bahan yang diambil dari pohon aren atau palem yang buahnya berbentuk bulat lonjong putih jernih atau biasanya disebut kolang-kaling.

6. Batik Mega Mendung

Motif kain batik Mega Mendung berasal dari daerah Cirebon. Motif ini khas dengan bentuk awan besar berwarna cerah dan mencolok seperti biru, merah tua, ungu, dan hijau tua. Konon, motif ini terinspirasi ketika seseorang melihat bentuk awan pada genangan air setelah hujan saat cuaca mendung. Filosofi motif batik Mega Mendung adalah setiap manusia harus mampu meredam amarah dalam situasi apapun.

7. Batik Betawi

Ciri khas batik Betawi terletak pada motif Tumpalnya, yakni motif geometris segitiga sebagai barisan yang memagari bagian kepala kain dan badan kain. Motif batik Betawi ini merupakan perpaduan antara budaya Arab, India, Belanda, dan Cina. Motif ini didominasi dengan pola gambar Ondel-ondel, Nusa Kelapa, Ciliwung, Rasamala, dan Salakanegara. Salah satu motif Betawi Loreng Ondel-ondel mengandung harapan agar pemakainya mendapat kehidupan yang lebih baik serta jauh dari bahaya.

8. Parang Rusak

Parang Rusak merupakan salah satu motif batik yang sangat populer dikalangan pecinta batik . Motif ini memiliki makna yang sangat mendalam, yakni peperangan manusia dalam melawan sifat buruk dan nafsu selama hidup. Selain untuk busana, motif ini juga sangat sering digunakan untuk membuat kerajinan berbahan batik .

Itu dia 8 motif batik populer di Indonesia. Apakah motif batik daerahmu termasuk di antaranya?

Sumber : suara.com

Editor: Haswandi