Wisuda III Unand 2020, Rektor: Kami Upayakan Membuka Lapangan Pekerjaan untuk Lulusan

Rektor Universitas Andalas Prof. Yuliandri
Rektor Universitas Andalas Prof. Yuliandri (KLIKPOSITIF)
PADANG, KLIKPOSITIF - Rektor Universitas Andalas melepas sebanyak 1710 wisudawan dan wisudawati Program Diploma, Sarjana, Magister, Spesialis dan Doktor secara dalam jaringan (daring) yang dilaksanakan pada Sabtu (2/10) di Gedung Convention Hall Kampus Unand Limau Manis Padang.

Prof. Yuliandri usia prosesi wisuda memintanya semua lulusan Unand mampu mencari peluang usaha baru, walaupun di tengah pandemi COVID-19. Dia mengatakan, Unand juga sedang berupaya membuka lapangan pekerjaan bagi lulusan.

baca juga: Matangkan Praktik Notaris, Pengwil INI Sumbar Kembali Gelar Magang Bersama

"Kami sangat paham dengan kondisi saat ini, apalagi sulit diprediksi kapan pandemi COVID-19 ini berakhir. Walaupun begitu lulusan Unand harus mampu mencari peluang usaha. Kami juga sedang berupaya membuka lapangan pekerjaan baru lulusan," katanya.

Menurutnya, kondisi saat ini memicu universitas untuk mencari langkah, mencari inovasi dan terobosan agar bisa beradaptasi dengan kondisi COVID-19.

baca juga: Unand Sajikan 46 Produk Intelektual Doktoral di Konferensi Kesehatan

"Langkah pertama saya sebagai rektor menyerahkan wisudawan kepada orangtua. Mudahan-mudahan kita semua bisa mencari peluang setelah wisuda ini," ujarnya.

Disampaikan, Prof. Yuliandri, wisuda III Tahun 2020 merupakan wisuda yang kedua dilakukan secara daring setelah dilaksanakannya wisuda II pada 30 Juni lalu. Meskipun di tengah pandemi prosesi wisuda tetap dilakukan seperti biasanya namun tetap mematuhi protokol kesehatan 3M seperti mencuci tangan pakai sabun atau handsanitizer, memakai masker dan menjaga jarak.

baca juga: OJK dan PUJK Sumbar Bantu Laboratorium FK Unand 1,4 Miliar

Ia mengatakan bahwa apa yang dicapai hari ini sesungguhnya merupakan konsekuensi dari kerja keras, kesabaran, dan ketabahan wisudawan dan wisudawati dalam menempuh proses pendidikan di Universitas Andalas. Setiap proses yang dilakukan dengan sungguh-sungguh dan sabar tentu akan berbanding lurus dengan capaian yang diperoleh hari ini.

Selain itu, Ia juga berharap lulusan wisudawan dan wisudawati hari ini dapat mengamalkan ilmunya untuk berperan dalam mengedukasi serta membantu masyarakat terlebih melihat kondisi bencana non alam pandemi Covid-19.

baca juga: LP3M Unand Gelar Seminar Internasional Pengembangan Mutu Pendidikan Secara Daring

"Saya berharap saudara-saudara semua tetap menjadi orang yang idealis. Peliharalah idealisme yang saudara pupuk selama belajar di Unand . Jagalah integritas saudara, jaga nama baik almamater dan harumlahkan nama universitas ini dengan ilmu, karya dan pengabdian saudara-saudara kepada masyarakat, negara dan agama," tuturnya.

Selanjutnya Rektor menyampaikan apresiasi dan rasa terima kasih kepada orang tua/wali mahasiswa yang telah memberi kepercayaan penuh kepada Universitas Andalas untuk mendidik putra-putrinya selama beberapa tahun terakhir.

Untuk diketahui, prosesi wisuda juga diikuti oleh Ketua Majelis Guru Besar, Ketua Senat Akademik beserta para Dekan di Lingkungan Kampus Universitas Andalas. Pemindahan jambul wisudawan dan wisudawati langsung dilakukan oleh orang tua atau keluarga wisudawan di rumah masing-masing. (*)

Editor: Muhammad Haikal