Gubernur Sumbar Ajak Generasi Milenial Wujudkan Pendidikan Unggul dan Berkarakter

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno
Gubernur Sumbar Irwan Prayitno (Istimewa)

PADANG, KLIKPOSITIF - Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno menyampaikan, tantangan bangsa saat ini adalah membangun generasi pada abad 21 yang unggul dan berkarakter.

"Untuk mencapai itu diperlu pendidikan karakter untuk mengatasi krisis moral etika dan budaya dalam masyarakat," ujarnya, Senin, 5 Oktober 2020.

baca juga: Anak Milenial Jangan Malu Jadi Petani

Dijelaskan Irwan, karakter dapat terbentuk dari beberapa aspek seperti, agama yang mengatur seluruh tata cara perilaku manusia dan lingkungan, yang dimulai dari pertemanan dan lingkungan sekitar, serta sekolah yang merupakan lembaga formal dalam pembentukan karakter dan jati diri seseorang.

Selanjutnya Gubernur Sumbar Irwan berharap agar dapat membangun generasi abad 21 yang lebih unggul lagi dan berkarakter, baik dalam urusan mengelola pendidikan, pengelola agama, maupun mengatur seluruh tata cara perilaku manusia dilingkungan.

baca juga: Rachmad Wijaya Pengusaha Muda yang Gemar Berbagi, Sebar Sembako untuk Warga Padang Selatan

Dalam membentuk pendidikan yang unggul dan berkarakter adalah merupakan kepentingan bersama memberikan pendidikan kepada generasi. Dengan bantuan pelaku pendidikan, pemerintah, pendidik, tenaga kependidikan, orang tua, dan masyarakat peserta didik dapat memperoleh pendidikan karakter yang efektif.

Oleh karena itu kita harus menyiapkan proses tersebut dengan sebaik-baiknya, memasuki anak ke sekolah pesantren yang bagus. namun hal tersebut tidak cukup, orang tua juga perlu memberikan dukungan penuh karena dirumah merupakan bagian dari pendidikan yang diawasi oleh orang tua.

baca juga: Irwan Prayitno Dikukuhkan Menjadi Guru Besar Luar Biasa UNP

"Dimulai dari sejak kelahiran anak menuju pertumbuhan semuanya adalah peran dari konteks membentuk salah satu tolak ukur kesuksesan dan membetuk sumberdaya manusia (SDM) unggul yang cerdas", terang Irwan.

Selain itu, Gubernur Irwan juga menyebutkan untuk membentuk karakter awal itu dimulai dari memilih calon pasangan, yang baik. Contoh nabi menyuruh kita mencari calon yang bagus agamanya (keislamannya).

baca juga: Habis Masa Jabatan Gubernur, Ini yang Akan Dilakukan Irwan Prayitno

"Tentu itu semua berawal dari akidah, akhlak juga keturunan yang unggul. Itulah dalam membentuk karakter diawali sejarah dari ayah dan ibu kita mencari pasangan kemudian menjalankan dengan secara Islam, merupakan proses proses yang tak bisa dilupakan ditinggalkan dan dibiarakan," tukas Irwan.

Editor: Joni Abdul Kasir