Waspada! Sumbar Akan Memasuki Musim Pancaroba

Ilustrasi
Ilustrasi (net)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD ) Provinsi Sumatera Barat memprediksi Sumbar memasuki musim pancaroba (peralihan musim). Musim ini akan berlangsung hingga akhir tahun 2016.

Kepala BPBD Sumbar , Nasridal Patria mengatakan musim pancaroba di Sumbar tergolong pancaroba mangsa labuh yaitu peralihan dari musim kemarau ke musim penghujan.

baca juga: Termasuk Sumbar, Ini 5 Provinsi yang Melaksanakan Seleksi CPNS Kemenag Hari Ini

"Hal ini biasa terjadi pada bulan Oktober hingga Desember. Karakteristik pancaroba ini biasanya terjadi hujan lebat secara tiba-tiba yang sebarannya tidak merata atau hujan lokal," katanya pada Rabu 5 Oktober 2016.

Nasridal mengimbau agar masyarakat tetap mewaspadai kemungkinan terjadi hujan lebat yang berpotensi menimbulkan bencana banjir serta tanah longsor.

baca juga: Sampuran Rajo Panjang, Wisata Alam yang Baru Ditemukan di Situak Pasaman Barat

"Kami minta masyarakat yang tinggal di daerah rawan bencana terus meningkatkan kewaspadaan, sehingga bisa diminimalkan korban jiwa dan kerugian harta benda," sebut Nasridal.

Selain masyarakat, kewasapadaan itu telah dikoordinasikan dengan sejumlah pihak terkait dengan mitigasi bencana yang tersebar di seluruh kawasan di Provinsi Sumatera Barat.

baca juga: Ada Gelandang Muda Semen Padang FC Saat Timnas U-23 Kalahkan Tajikistan 2-1

"Jika terjadi bencana, masyarakat diharapkan bisa segera melaporkannya kepada petugas Keluraha, Kecamatan, Polisi atau bahkan langsung ke BPBD agar langkah mitigasi bisa dilakukan dengan cepat," pungkasnya kemudian.

[Joni Abdul Kasir]

baca juga: Boyong Dua Perak PON Papua,Andre Rosiade Sambut dan Jamu Rombongan Karateka Sumbar

Penulis: Ocky Anugrah Mahesa