TNI Gelar Upacara HUT di Perkampungan?

Upacara HUT TNI di Salah Satu Perkampungan Warga di Pessel
Upacara HUT TNI di Salah Satu Perkampungan Warga di Pessel (KLIKPOSITIF/Kiky Julnasri Priatama)

PESSEL, KLIKPOSITIF -- Ada yang berbeda dengan perayaan Hari Ulang Tahun TNI di Kabupaten Pesisir Selatan , jika biasanya upacara seremonial perayaan hari jadinya Tentara Nasional Indonesia itu dilaksanakan di sebuah lapangan yang indah dan bersih. Komando Distrik Militer (Kodim) 0311 Pesisir Selatan malah mengelar upacara peringatan HUT TNI ke 71 di sebuah lapangan yang telah jarang digunakan oleh masayarakat di Kenagarian Taluak Tigo Sakato, Kecamatan Batangkapas, Kabupaten Pesisir Selatan .

Jauh dari kesan rapi dan bersih, saat upacara digelar, puluhan personel TNI , Polisi dan warga setempat harus rela berbaris dengan tegap di atas genangan air sisa hujan yang mengguyur daerah itu pada Rabu pagi.

baca juga: Ekspos Keindahan Alam Pessel, Ikatan Mahasiswa IV Jurai UIN IB Jelajah Air Terjun Serasah Talang Lumpo

Upacara ini dilakukan dengan khitmad, pantauan KLIKPOSITIF tidak ada yang berbeda dengan perayaan HUT TNI di daerah lain, hanya saja penggunaan lapangan yang dikelilingi semak belukar itu karena disana merupakan lokasi program Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke 97 yang dilaksanakan oleh Kodim 0311 Pesisir Selatan .

Komandan Kodim, Letkol Inf Setiya Asmara mengatakan pihaknya sengaja menggunakan lapangan itu sebagai lokasi upacara karena TNI ingin berada lebih dekat dengan masyarakat.

baca juga: Jelang Idul Adha, Pemkab Pessel Tegaskan Hal Ini Terkait Pemotongan Hewan Kurban

"Hal ini kami lakukan karena ingin berada lebih dekat dengan masyarakat, karena bersama masyarakat TNI kuat," katanya.

Menurutnya prajurit TNI harus tumbuh dan berkembang serta harus selaras dengan pola pikir kehidupan masyarakat yang semakin modern. Sehingga itu secara tak langsung akan mewujudkan modal pokok bersama rakyat TNI kuat.

baca juga: Pekan Depan Sekolah Tatap Muka Dimulai, Pemkab Pessel Siapkan SOP

"Inilah esensi ciri kesejatian TNI , yang tidak boleh pudar ditengah-tengah arus globalisasi dan berguna bagi masyarakat," sebut Dandim kemudian.

Hal itu kemudian diapresiasi oleh Wakil Bupati Pesisir Selatan Rusma Yul Anwar, ia berpendapat di era modern ini TNI harus tetap maju bersama masyarakat, "Sesuai dengan tema HUT ke 71 ini, TNI terus maju bersama Rakyat," ujarnya.

baca juga: Video Anggota Pol PP Bentrok Saat Razia di Kafe Beredar di Medsos, Humas Pessel Buat Klarifikasi

Upacara ini dihadiri oleh Wakil Bupati Pessel Rusma Yul Anwar, Seketaris Daerah Erizon, Kejari Painan Laswan, Kapolres Pesisir Selatan AKBP Deni Yuhasdi, Damkar setempat, Satpol PP, jajaran Muspika, FKKPI dan warga setempat.

[Kiky Julnasri Priatama]

Penulis: Ocky Anugrah Mahesa