Mantan Kepala Biro Humas Semen Padang Asdian Tutup Usia

Foto kenangan Asdian ketika menjabat Kepala Biro Humas PT Semen Padang
Foto kenangan Asdian ketika menjabat Kepala Biro Humas PT Semen Padang (Ist)
PADANG, KLIKPOSITIF

- Innalillahi wa inna illaihi rojiun. Kabar duka tersiar di lingkungan PT Semen Padang pada Senin, 5 Oktober 2020 siang.

Asdian, Mantan Kepala Biro Humas PT Semen Padang yang terakhir menjabat Head of Plant Operation Solusi Bangun Andalas, Aceh, berpulang ke rahmatullah dalam usia 52 tahun.

"Pak Asdian wafat sekitar pukul 12.30 WIB setelah sempat seminggu dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah Zainoel Abidin Banda Aceh," ungkap Jon Reflus, salah seorang staf humas Semen Padang yang cukup dekat dengan almarhum.

Di mata para staf-nya, Asdian dikenal sebagai sosok pemimpin yang ramah, amanah, dekat dengan seluruh karyawan, proaktif dan suka menolong sesama, kreatif, dan selalu positif thinking.

Mendengar kepergian Asdian, ucapan mengalir di lingkungan PT Semen Padang dan para sahabat almarhum. "Pak Asdian adalah sosok yang sangat baik. Beliau berkawan dengan siapapun," kenang Hendra Efison, wartawan senior di Padang.

"Banyak kenangan dan bimbingan dari beliau saat menjalankan tugas kehumasan di lingkungan Semen Indonesia Group," tutur Zainal, salah seorang Staf Humas Semen Indonesia.

"Beliau orang yang baik. Perilaku beliau membuat kita semua kagum dan selalu menjadikan alm. sebagai role model," kata Farabi, Staf Humas PT Solusi Bangun Andalas.

Hal yang sama juga disampaikan Kepala Unit Humas & Kesekretariatan PT Semen Padang Nur Anita Rahmawati. "Kita semua kehilangan sosok yang ramah dan baik hati ini," kata Anita.

Almarhum, lanjut Anita, merupakan seorang guru, sosok pemimpin yang ramah, amanah, dekat dengan seluruh pekerja. Selain itu, almarhum juga proaktif dan suka menolong sesama, sosok yang kreatif, selalu positif thinking.

"Masih banyak lagi sifat dan perilaku almarhum yang membuat kita semua kagum dan selalu menjadikan almarhum sebagai role model. Semoga almarhum Pak Asdian diberikan tempat terbaik disisi Allah SWT dan husnul khotimah. Amiin Amiin Amiin ya rabbal 'alamiin. Mohon doa dari kita semua untuk almarhum," imbuhnya.

Tokoh muda Lubuk Kilangan Nisfan Jumadil mengaku bahwa Ia bersama pemuda Lubuk Kilangan dan Indarung khususnya, merasa sangat kehilangan, apalagi selama ini almarhum merupakan sosok kakak, sahabat yang selalu memberikan energi positif kepada generasi muda Lubuk Kikangan.

"Almarhum merupakan sosok kakak sekaligus sahabat yang santun, dan menggayomi kami generasi muda Lubuk Kilangan. Kabar meninggalnya almarhum, tentu membuat kesedihan mendalam bagi kami, semoga almarhum Kra Asdian mendapat tempat terbaik di sisi Allah SWT," katanya.

Asdian menyelesaikan S1 di Teknik Mesin Universitas Sumatra Utara (USU). Dia bergabung dengan PT Semen Padang sejak tahun 1999, dan ditempatkan sebagai staf di Rancang Bangun hingga tahun 2002. Selanjutnya ia ditugaskan sebagai staf pengantongan Teluk Bayur hingga 2004.

Setelah itu, beliau dipercaya sebagai Kepala Biro Pemeliharaan Mesin Pabrik Indarung IV (2004-2008), Kepala Biro Pemeliharaan Mesin Pabrik Indarung II/III (2008-2010), dan Kepala Biro Pemeliharaan Mesin Pabrik Indarung IV (2010-2011). Kepala Biro Kontruksi hingga 31 Desember 2012. Selanjutnya Kepala Biro Humas PT Semen Padang hingga 2016.

Almarhum pernah ditempatkan di Thanglong Cement Company Vietnam, anak perusahaan SIG. Selanjutnya, beliau ditarik ke PT Solusi Bangun Andalas. Jabatan terakhir beliau adalah Head of Plant Operations PT Solusi Bangun Andalas.

Pria yang hobi bola ini pernah menjabat manajer dan Direktur Teknik Semen Padang FC. Sosok Asdian juga dikenal sangat dekat dengan para punggawa Semen Padang FC.

Jenazah almarhum dimakamkan di tempat pemakaman Rumah Sakit Umum Daerah Zainoel Abidin Banda Aceh. Selamat jalan Pak Asdian!.(*)

Baca Juga

Editor: Riki