Hari Ini, Bawaslu Mulai Lakukan Penertiban APK Paslon di Pessel

Kordinator Divisi Penyelesaian Sengketa, Bawaslu Pessel, Ariski Elfandi
Kordinator Divisi Penyelesaian Sengketa, Bawaslu Pessel, Ariski Elfandi (Kiki Julnasri/Klikpositif.com)

PESSEL , KLIKPOSITIF - Badan Pengawas Pemilu ( Bawaslu ) Kabupaten Pesisir Selatan ( Pessel ) bakal memulai penertiban sejumlah alat peraga kampanye (APK) pasangan calon (Paslon) yang melanggar peraturan Komisi Pemilihan Umum (KPU) di daerah itu.

Kordinator Divisi Penyelesaian Sengketa, Bawaslu Pessel , Ariski Elfandi mengungkapkan, penertiban dilakukan Selasa 6 Oktober 2020 hari ini. Di antaranya menertibkan sejumlah APK yang dibuat Paslon sendiri tanpa ada penyampaian tertulis ke KPU.

baca juga: Ribuan Batang Cemara Laut Ditanam di Pantai Pessel

"Kegiatan kita terkait penertiban APK itu akan kita lakukan besok (hari ini, Selasa 6 Oktober 2020). Dan itu merupakan hasil tindak lanjut dari Rakor kita dengan LO Paslon, dan pihak TNI, Kepolisian dan Pol PP untuk melakukan penertiban," ungkapnya pada KLIKPOSITIF .

Ia menjelaskan, sesuai dengan peraturan KPU, setiap APK yang dibuat secara mandiri di luar yang difasilitasi KPU, para Paslon atau tim kampnye wajib menyampaikan ke KPU secara tertulis, baik terkait jumlah yang telah ditentukan, maupun ukuran yang telah ditentukan.

baca juga: Pembagian Bansos di Pessel, Bupati : Penyaluran Harus Taati Standar Protokol Kesehatan

"Tim kampamye wajib menyampaikan secara tertulis kepada KPU terkait jumlah dan ukuran. Sampai hari ini, KPU belum menerima itu, baik dari Paslon maupun tim kampanye," terangnya.

Lanjutnya, tekait adanya penertiban perdana sejumlah APK yang dinilai terpasang di luar peraturan KPU ini, pihaknya secara preventif sudah menyampaikan pada masing Paslon melalui LO untuk menertibkan secara mandiri selama tiga hari sejak Sabtu 3 Oktober lalu.

baca juga: Wagub Sumbar Apresiasi, RSUD DM. Zein Painan Mampu Produksi Oksigen Secara Mandiri

Penulis: Kiki Julnasri | Editor: Haswandi