BPJS Kesehatan Beri Kemudahan Layanan Saat Pandemi COVID-19

Debi Mersah, Kepala Bidang Pelayanan Peserta dan Kepesertaan BPJS Kesehatan Cabang Padang, melalui web seminar (webinar) dengan media massa di Sumbar, Selasa (6/10).
Debi Mersah, Kepala Bidang Pelayanan Peserta dan Kepesertaan BPJS Kesehatan Cabang Padang, melalui web seminar (webinar) dengan media massa di Sumbar, Selasa (6/10). (Istimewa)

PADANG, KLIKPOSITIF - Dalam rangka memutus rantai penularan Covid-19, BPJS Kesehatan selaku penyelenggara Program Jaminan Kesehatan Nasional -- Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) berkomitmen untuk memberikan layanan secara online melalui berbagai saluran.

Setelah sukses mengembangkan berbagai fitur dalam aplikasi self service via smartphone bernama Mobile JKN yang bisa diunduh melalui Play Store dan APP Store, kini BPJS Kesehatan memberikan kemudahan baru bagi masyarakat melalui Pelayanan Administrasi dengan Whatsapp (Pandawa).

baca juga: Bill Gates dan Melinda Gates Cerai Setalah 27 Tahun Menikah, Ini Nasib Yayasan Gates

"Pandemi membuat kantor kami sangat selektif dalam menerima peserta JKN-KIS, sehingga pengembangan layanan online kita kedepankan. Semua demi kenyamanan, keselamatan dan kemananan kita semua," kata Rizka Adhiati, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Padang, Selasa, 6 Oktober 2020.

Pandawa bisa dimanfaatkan masyarakat untuk layanan pendaftaran baru, tambah anggota keluarga, daftar bayi baru lahir, ubah jenis kepesertaan, ubah data identitas, ubah data golongan dan gaji, ubah puskesmas/klinik/dokter praktik perorangan, penonaktifan peserta meninggal, perbaikan data ganda, pengaktifan kembali kartu.

baca juga: Program BPJS Kesehatan Mendengar, Bupati Tanah Datar Harapkan Hal Ini

"Setiap fitur layanan di Pandawa mempunyai kode layanan yang ditampilkan saat masyarakat chat untuk pertama kalinya," sambung Rizka.

Langkah pertamanya, masyarakat bisa chat Whatsapp melalui nomor Pandawa masing-masing wilayah. Selanjutnya peserta akan mendapat balasan untuk menentukan pilihan layanan, kemudian masyarakat menjawabnya dengan format Nama Pelapor - Nama Peserta - Nomor KIS atau Nomor KTP - Nomor handphone Peserta - Jenis Kode Layanan - Domisili.

baca juga: Canangkan Vaksinasi, Pemkab Lima Puluh Kota Gunakan Aplikasi P-Care BPJS Kesehatan

"Contohnya, AGUS-AMEL-0001234567890-08110000000-E-Padang," jelas Rizka.

Disebutkan Rizka, BPJS Kesehatan Cabang Padang membawahi wilayah administrasi Kota Padang, Kota Pariaman, Kabupaten Padang Pariaman, Kabupaten Pesisir Selatan dan Kabupaten Kepulauan Mentawai. Sehingga masyarakat yang berdomisili di wilayah tersebut bisa mengakses Pandawa melalui nomor 082172138118.

baca juga: Operasi Amandel Rico Dijamin Penuh JKN-KIS

Sementara untuk Kota Solok, Kabupaten Solok, Kabupaten Solok Selatan, Kabupaten Sijunjung, Kota Sawahlunto, Kabupaten Dharmasraya bisa mengakses Pandawa melalui 081275715882. Lalu 082173112717 untuk Kota Bukittinggi, Kota Padang Panjang, Kabupaten Agam, Kabupaten Pasaman dan Kabupaten Pasaman Barat.

"Untuk yang di Kota Payakumbuh, Kabupaten Lima Puluh Kota dan Kabupaten Tanah Datar bisa mengakses Pandawa melalui 081275720766," terang Rizka.

Meskipun secara online, syarat-syarat yang dibutuhkan tetap harus dipersiapkan seperti ketika mendapat pelayanan langsung, hanya saja syarat tersebut bisa difotokan kepada petugas Pandawa kecuali formulir auto debet. Formulir tersebut membutuhkan tanda tangan basah dari pemohon sehingga perlu datang ke kantor.

"Tapi itu tidak akan memakan waktu lama, karena kami hanya akan melakukan verifikasi dan validasi kelengkapan berkas autodebetnya, jika berkas sudah lengkap maka peserta akan mendapatkan tanda terima berkas autodebet," ujar Rizka.

Sebagai informasi, untuk segmentasi PBPU atau yang lebih sering disebut peserta mandiri, pembayaran iuran wajib dilakukan melalui mekanisme autodebet via Bank yang bermitra dengan BPJS Kesehatan.

Masyarakat menyambut Pandawa dengan suka cita, banyak yang terkesan pelayanan yang sangat praktis ini. Beberapa di antaranya adalah Kurnia fajar Viliano yang mengurus aktifasi kartu, Almaududi yang menambahkan istri ke dalam tanggungannya serta Benny Oktaria yang menambahkan kepesertaan anak.

"Terima kasih ya atas pelayanan (Pandawa) yang sangat oke dan praktis, bravo BPJS Kesehatan," tulis Kurnia fajar Viliano diakhir chatnya kepada admin Pandawa BPJS Kesehatan Cabang Padang.

Hal senada dengan pesan di atas ditulis juga oleh Almaududi dan Benny Oktaria. Mereka merasa aman, nyaman dan sangat terbantu karena bisa dilayani tanpa harus antre dan bertemu orang lain dalam sebuah kerumunan.

"Kami sangat terbantu sekali, BPJS Kesehatan menjawab tantangan zaman," kata Benny. (*)

Editor: Joni Abdul Kasir