Ini Pelanggaran Kampanye yang Ditemukan Bawaslu Sumbar

Salah satu iklan pasangan calon di Kota Padang
Salah satu iklan pasangan calon di Kota Padang (Halbert Caniago)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Badan Pengawasan Pemilu ( Bawaslu ) Sumatera Barat telah menemukan beberapa pelanggaran Pemilu dalam Pemilihan Kepala Daerah ( Pilkada ) Sumbar 2020.

"Pelanggaran yang kami temukan, ada kegiatan kampanye yang tanpa STTP, kegiatan kampanye yang menghadirkan massa dan peserta itu melebihi ketefitri," kata Ketua Bawaslu Sumbar , Surya Efitrimen, Rabu 7 Oktober 2020.

baca juga: Kupak Rumah Warga, Seorang Pria Ditembak Polisi

Selain itu, menurutnya juga banyak aktifitas seni budaya yang dihadiri oleh pasangan calon yang tidak menjalankan protokoler kesehatan. "Walaupun bukan kegiatan kampanye , tetapi terjadi pelanggaran pelaksanaan protokoler kesehatan Covid-19nya," lanjutnya.

Selain itu, ada juga aktifitas olahraga yang dilakukan dan hadir salah satu pasangan calon dengan PLT Bupati yang dihadiri oleh banyak orang yang juga melanggar protokol kesehatan.

baca juga: Matangkan Praktik Notaris, Pengwil INI Sumbar Kembali Gelar Magang Bersama

"Kegiatan kampanye dalam bentuk seni budaya dan olahraga itu tidak dibolehkan. Karena dikhawatirkan akan mengumpulkan banyak massa, sehingga dikhawatirkan akan menbuat klaster baru dalam penyebaran Covid-19," lanjutnya.

Ia mengimbau setiap pasangan calon agar tidak mengumpulkan banyak massa dalam kegiatan kampanye tersebut. Karena dikhawatirkan akan membuat klaster baru dalam penyebaran Covid-19.

baca juga: Hasil Rapid Test, Puluhan Orang Pengawas TPS di Pasaman Barat Reaktif Covid-19

Penulis: Halbert Caniago | Editor: Ramadhani